DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 21:46 WIB

PSI Sebut Prabowo Takut dengan Unicorn dan Investasi

Elza Astari Retaduari - detikNews
PSI Sebut Prabowo Takut dengan Unicorn dan Investasi Prabowo Subianto (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkritik sikap Prabowo Subianto saat ditanyai Joko Widodo (Jokowi) soal unicorn. PSI menyebut Prabowo takut dengan keberadaan unicorn dan investasi.

"Saya menyayangkan masih adanya ketakutan tak beralasan calon pemimpin terhadap keberadaan perusahaan berbasis teknologi yang bervaluasi USD 1 miliar lebih. Padahal mereka ini telah terbukti banyak berjasa bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata jubir PSI Bidang Ekonomi Digital dan e-Commerce Daniel Simeon Tumiwa dalam keterangannya, Selasa (19/2/2019).


Daniel mengatakan tidak ada yang perlu ditakuti soal masuknya arus uang dari luar negeri ke Indonesia sebagaimana yang kerap dicemaskan masyarakat.

"Hakikat investasi adalah mereka entitas yang tidak bertuan. Smart money semacam ini akan menumbuhkan banyak sekali perusahaan rintisan. Perlu diingat, sekalipun kelak startup-startup itu tidak sukses, uang-uang yang sudah 'telanjur' masuk itu sudah mengalir kepada masyarakat," ucap dia.


Daniel juga menyoroti pernyataan Prabowo soal pajak. Menurut dia, startup dengan valuasi USD 1 miliar tak takut pajak.

"Mungkin yang dimaksud Pak Prabowo semalam adalah soal wacana Kemenkeu yang hendak mewajibkan pelaku usaha online untuk memiliki NPWP dulu sebelum berjualan di marketplace. Tidak pernah ada sejarahnya unicorn kita takut dipajaki," ucap dia.
(gbr/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed