detikNews
Selasa 19 Februari 2019, 20:23 WIB

TKN: Terima Kasih BPN Samakan 'Jalan Jokowi' dengan 15 Kali Diameter Bumi

Elza Astari Retaduari - detikNews
TKN: Terima Kasih BPN Samakan Jalan Jokowi dengan 15 Kali Diameter Bumi Daniel Johan (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menepis sindiran Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, soal pembangunan jalan desa sepanjang 191 ribu kilometer. Jokowi disebut berbicara sesuai dengan fakta.

"Apa yang disampaikan oleh Jokowi berdasarkan fakta dan data kok, itu salah satu kinerja Presiden Jokowi di bawah Kementerian Desa dan PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi)," ungkap Wakil Direktur Kampanye TKN Jokowi-Ma'ruf, Daniel Johan, kepada wartawan, Selasa (19/2/2019).

Pernyataan soal pembangunan jalan desa 191 ribu kilometer di eranya disampaikan Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019. Dahnil meragukan klaim Jokowi dan menyindir luas itu setara dengan 4,8 kali keliling bumi atau 15 kali diameter bumi.


Daniel lebih tertarik mengomentari sindiran Dahnil itu. Karena menilai pernyataan Jokowi sesuai data yang valid, ia mengucapkan terima kasih. Daniel juga memerinci jumlah desa di Indonesia yang total panjangnya sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Jokowi.

"Jadi saya malah berterima kasih kepada Sahabat Dahnil, yang menyamakan jalan yang dibangun Jokowi sama dengan 4,8 kali mengelilingi bumi atau 15 kali diameter bumi, itu artinya Presiden Jokowi sudah membangun jalan desa jauh melebihi luas keliling bumi," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR ini.

"Jumlah desa di Indonesia saat ini sudah mencapai 74.957 desa, jadi bila total jalan desa yang sudah dibangun sepanjang 191.600 km, dalam kurun waktu 4 tahun rata-rata telah dibangun 2,55 km per desa," sambung Daniel.

Daniel juga memastikan pembangunan akan makin digencarkan bila Jokowi kembali memimpin Indonesia untuk periode kedua. "Ke depan, pembangunan infrastruktur jalan desa akan semakin dimasifkan," tutur politikus PKB ini.


Sebelumnya, Dahnil Anzar Simanjuntak mempertanyakan klaim Jokowi soal 191 ribu kilometer jalan pertanian di desa. Sambil menyindir, ia bertanya-tanya soal cara Jokowi mewujudkannya.

"Jokowi klaim membangun jalan desa 191 ribu km. Ini sama dengan 4,8 kali keliling bumi atau 15 kali diameter bumi," cuit Dahnil melalui akun Twitter-nya.

"Itu membangunnya kapan? Pakai ilmu simsalabim apa? Ternyata produsen kebohongan sesungguhnya terungkap pada debat malam tadi," sambung dia.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed