DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 19:15 WIB

Moeldoko: Elektabilitas Jokowi Dipastikan Naik Usai Debat Kedua

Ray Jordan - detikNews
Moeldoko: Elektabilitas Jokowi Dipastikan Naik Usai Debat Kedua Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko (Tengah) (Dwi Andayani/detikcom).
Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Moeldoko, yakin elektabilitas capres petahana Jokowi naik seusai debat kedua Pilpres 2019. Dia menilai Jokowi sangat mengusai isu dalam debat tersebut.

Moeldoko mengatakan ada tiga hal yang membuat Jokowi unggul dan berpotensi mendongkrak elektabilitas seusai debat tersebut. Pertama, Jokowi sangat menguasai dan memahami persoalan bangsa.

"Pertanyaannya, bagaimana beliau memahami sekali? Karena agregat dari penugasan beliau selama berkarier di pemerintahan waktu menjadi wali kota, menjadi gubernur dan setelah agregat semuanya itu menjadi basic yang dimiliki dan menjadi talenta sehingga menguasai persoalan bangsa," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Kedua, Moeldoko menilai Jokowi memberikan solusi dalam debat tersebut. Dia mengatakan banyak perencanaan strategis di masa lalu yang tidak bisa dieksekusi, namun di era pemerintahan Jokowi diselesaikan.

"Banyak juga proyek residu masa lalu yang belum selesai. Tapi, begitu beliau datang, selesai dengan cepat. Banyak regulasi ataupun peraturan yang menghambat jalannya investasi, beliau datang bisa diselesaikan dengan cepat. Inilah hal yang kelihatan dari seorang leader selalu mencari solutif," katanya.

Ketiga, lanjut Moeldoko, dia menilai Jokowi adalah sosok pemberani. Jokowi berani mengambil risiko dalam membuat kebijakan untuk kepentingan rakyat.

"Beliau seorang yang pemberani, take a risk, seorang pemimpin itu take risk. Pemimpin itu ada dua pilihan, bisnis apakah seorang yang take risk, mengambil risiko. Beliau, menurut saya, adalah golongan yang pengambil resiko. Di mana mengambil risikonya? Kalau beliau mau mencari voters, beliau akan membangun infrastruktur di Jawa, karena di Jawa secara politik voters-nya tinggi, secara ekonomi lebih cepat. Tapi beliau tidak mengambil itu," jelasnya.

"Berikutnya, seorang take risk beliau kalau apa adanya saja, ya sudahlah nggak sudah utang, ya sudah asal jalan saja negara ini, tapi nggak. Beliau melakukan hal-hal untuk mengambil sebuah risiko karena memikirkan kepentingan masa depan," imbuhnya.

Untuk itu, Moeldoko yakin elektabilitas Jokowi akan naik seusai penampilannya di debat kedua melawan Prabowo tersebut.

"Oh, pasti itu. Masyarakat Indonesia akan melihat betapa Pak Jokowi telah menguasai persoalan bangsa dan menjadi sebuah solusi dalam negeri ini. Ada hal yang diinginkan masyarakat Indonesia seorang pemimpin yang pemberani. Nah, itu sudah dimiliki semua oleh beliau. Jadi pasti elektibiltasnya bisa dipastikan meningkat," katanya.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(jor/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed