DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 18:10 WIB

Tak Berizin, Dishub DKI Imbau Warga Tak Kendarai Migo di Jalan-Lingkungan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tak Berizin, Dishub DKI Imbau Warga Tak Kendarai Migo di Jalan-Lingkungan Migo (detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meminta sepeda listrik Migo tidak digunakan di jalan, termasuk jalan lingkungan. Dishub mengatakan tidak ada izin yang diajukan oleh Migo.

"Kita menyarankan untuk tidak digunakan. Sekarang kalau kita bicara jalan lingkungan dengan kapasitas kecepatan, relatif tinggi," kata Plt Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).


Sigit sudah memanggil operator Migo untuk menanyakan izinnya. Dia menegaskan tidak ada izin yang sudah diurus operator Migo di Jakarta.

"Pada waktu rapat tersebut, Migo menyampaikan belum punya. Ya ada beberapa perizinan yang belum punya dan kita arahkan mereka untuk segera mengurus perizinan ke PTSP," ucap Sigit.

Sigit mengatakan Migo mempunyai kecepatan mencapai 60 km/jam, yang sangat berbahaya bagi pengendara yang tidak mempunyai SIM. Dia menyayangkan Migo yang digunakan oleh anak di bawah umur.

"Itu kan bicara kompetensi pengemudi, which is apa pun mau roda dua ataupun roda empat, itu kan kompetensi. Padahal waktu meminjam tidak disyaratkan kewajiban SIM itu," jelasnya.


Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menegaskan akan menindak Migo jika ketahuan mengaspal di jalan. Polisi juga berharap pengelola Migo meregistrasi kendaraannya di Samsat.

"Jadi kendaraannya nanti akan kita tindak," tegas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat dihubungi detikcom, Jumat (15/2).

Migo merupakan aplikasi layanan sewa sepeda listrik. Dari bentuknya, sepeda listrik Migo mirip sepeda motor jenis skuter matik (skutik). Pihak Migo sendiri mengatakan akan mematuhi regulasi yang ditetapkan pemangku kebijakan, baik pemerintah maupun kepolisian.

"Intinya, dari Migo ingin menaati segala peraturan yang ada di Jakarta, bahkan di seluruh Indonesia. Apabila Migo dikategorikan sebagai sepeda motor listrik dan diwajibkan memiliki license atau STNK, ya, kami akan ikuti peraturan pemerintah. Kami akan proaktif berkoordinasi," kata Manajer Operasional Migo wilayah DKI Jakarta, Sukamdani, kepada detikcom, Sabtu (16/2).


Saksikan juga video 'Si Kuning Migo yang Digandrungi Tapi Nihil Izin Operasi':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed