DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 15:40 WIB

Wawancara Eksklusif

Kisah Yusuf Mansur Jadi Anak Bungsu Ibunda Jokowi

Erwin Dariyanto - detikNews
Kisah Yusuf Mansur Jadi Anak Bungsu Ibunda Jokowi Ustaz Yusuf Mansur dalam sesi Wawancara Eksklusif dengan detikcom. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Ustaz Yusuf Mansur mengaku memiliki kedekatan dengan Joko Widodo (Jokowi) sejak 2007. Ketika itu Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo dan Yusuf Mansur tengah mengembangkan dakwahnya ke sejumlah kota di Indonesia.


Dalam perjalanan waktu, kedekatan juga melibatkan Ibu Sudjiatmi Notomiharjo (Ibu atau Eyang Noto). Oleh Ibunda Jokowi itu, Yusuf Mansur dianggap sebagai anak ragilnya (bungsu). Setiap berkunjung ke Solo, Ibu Noto selalu memasakkan menu nasi sambal tumpang untuk Yusuf Mansur.

"Aku sering dimasakin tumpang, sambel tumpang itu the best. Itu (buatan) eyang Noto. Dimasakin sendiri," kata Yusuf Mansur dalam sesi Wawancara Eksklusif dengan detikcom yang tayang hari ini, Selasa, 19 Februari 2019.


Sementara dengan Jokowi, Yusuf Mansur juga kerap berdiskusi. Selama 2018, mereka sering berdiskusi terkait urusan membangun ekonomi umat, ekonomi kebangsaan, dan gerakan ekonomi kerakyatan. "Bagaimana Pak Jokowi bukan cuma omong kosong tapi benar-benar memimpin ada konglomerasi umat," kata Yusuf Mansur.

Meski dekat dengan Jokowi dan keluarganya, Yusuf Mansur tak pernah mengumumkan ke publik. Sebab, Jokowi juga melarangnya.



Jokowi juga tak pernah menggunakan kedekatannya dengan Yusuf Mansur yang seorang ustaz. Misalnya, ketika Jokowi diterpa isu keluarga komunis, nonmuslim, dan China.

Yusuf Mansur pun mengaku tak menggunakan kedekatannya itu untuk mendapatkan kemudahan menjalankan bisnis. Seperti diketahui, Yusuf Mansur selain seorang ustaz dan juga menjalankan sejumlah bisnis, antara lain Paytren.
(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed