DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 14:21 WIB

Pulpen Jokowi Disoal, Ma'ruf: Kebanyakan Nonton 'Mission: Impossible'

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Pulpen Jokowi Disoal, Maruf: Kebanyakan Nonton Mission: Impossible Ma'ruf Amin (Eva Safitri/detikcom)
Serang - Cawapres Ma'ruf Amin menilai anggapan bahwa Jokowi menggunakan earpiece dan pulpen yang membantu debat sebagai hal yang mengada-ada. Ia menganggap yang menuding itu terlalu banyak menonton film 'Mission: Impossible'.

"Jangan-jangan dia kebanyakan nonton film 'Mission: Impossible'," kata Ma'ruf Amin kepada wartawan di Serang, Banten, Selasa (19/2/2019).

Bahkan, belakangan muncul meme tentang peci dan kacamata dirinya sebagai alat bantu saat debat ketiga nanti. Itu pun dianggap tidak mungkin ia gunakan karena, sebagai kiai, ia akan menghadapi debat secara apa adanya.



"Orang itu kok saya diisukan nanti peci, kacamata di pakaian apa. Kalau saya kiai, kiai apa adanya saja," ungkapnya.

Jokowi, menurutnya, juga tidak mungkin menggunakan alat bantu pada debat kedua lalu. Ia adalah presiden yang paham akan persoalan materi debat karena setiap hari berurusan dengan masalah pemerintahan.

"Beliau pelaku, sebagai presiden, tahu semua data, yang ngurus semua itu. Itu semua ada di kepala Pak Jokowi," paparnya.



Penggunaan earpiece dan pulpen sebagai alat bantu debat Jokowi sebelumnya ramai di media sosial. Tapi hal ini sudah dibantah dan dianggap sebagai fitnah.

"Ah, ada-ada saja sih. Itu fitnah-fitnah seperti itu jangan diterusinlah," kata Jokowi saat berkunjung ke Pandeglang.

Film 'Mission: Imposible' sendiri bercerita tentang aksi agen Amerika Serikat bernama Ethan Hunt membasmi kejahatan secara global. Di film itu, Ethan Hunt dibantu peralatan canggih, misalnya sarung tangan untuk memanjat gedung dan lain-lain.


Saksikan juga video 'Ini Momen Jokowi Disebut Pakai Earpiece Saat Debat':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed