DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 13:58 WIB

BPN Prabowo Protes di Pinggir Panggung Debat, Ketua KPU: Saya Dengarkan Semua

Arief Ikhsanudin - detikNews
BPN Prabowo Protes di Pinggir Panggung Debat, Ketua KPU: Saya Dengarkan Semua Ketua KPU RI Arief Budiman (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Ketua KPU RI Arief Budiman mengakui beberapa orang dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi komplain pertanyaan Joko Widodo soal lahan milik Prabowo Subianto saat debat capres putaran kedua. Arief mengaku mendengarkan tapi tidak bisa langsung ambil tindakan.

"Kan begitu banyak orang di situ, datang, yang satu sampaikan A, yang satu sampaikan B. Ya saya mendengarkan itu semua," ucap Arief kepada wartawan di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).


Menurut Arief, komplain soal adanya pelanggaran tidak bisa langsung ditindaklanjuti. Harus ada proses yang dijalankan BPN.

"Saya sampaikan, kalau ada catatan proses debat, ada keberatan, sampaikan dengan mekanisme berlaku. Kan nggak mungkin di sana saya langsung tindaklanjuti bagaimana. Setiap laporan cek dulu, teliti dan harus bagaimana," kata Arief.

Dalam kejadian tersebut, Arief hanya menggambarkan suasana saat itu crowded. Dia dikerumuni beberapa orang.

"Awalnya seperti apa ya? Itu crowded sekali, saya nggak ingat (runtutan kejadian)," kata Arief.


Momen panas saat di dalam ruang debat itu terekam dalam sebuah video oleh tim BPN yang lalu di-posting Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief. Dalam video berdurasi 45 detik itu, terlihat sejumlah anggota BPN Prabowo-Sandiaga menghampiri deretan kursi komisioner KPU dan Bawaslu di ruangan debat di The Sultan Hotel, Jakarta.

Beberapa di antaranya Priyo Budi Santoso, Maher Algadri, Putra Jaya Husin, dan Jansen Sitindaon. Momen panas itu bahkan memantik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ikut maju.


Saksikan juga video 'Kata Analis Komunikasi soal Debat Pilpres 2019 Kedua':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed