Ada Fenomena Super Snow Moon, Warga di Pesisir Jawa Diminta Waspada

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 19 Feb 2019 11:45 WIB
Kantor BMKG (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya fenomena super snow moon pada 19 Februari 2019 ini. Masyarakat yang tinggal di kawasan pelabuhan dan pesisir diminta waspada.

"Hari ini terjadi fenomena super snow moon, yang mempengaruhi pasang maksimum air laut di pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat," tulis BMKG dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Selasa (19/2/2019).


BMKG menjelaskan, fenomena super snow moon ini terjadi karena posisi bulan dan bumi berada pada perigee (jarak terdekat). Ini mempengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia, terutama di pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar-muat di Pelabuhan. Masyarakat diimbau agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," tulis BMKG. (hri/fjp)