DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 09:55 WIB

Sekda Papua Minta Maaf, KPK: Sejak Awal Kami Berniat Baik untuk Papua

Zunita Putri - detikNews
Sekda Papua Minta Maaf, KPK: Sejak Awal Kami Berniat Baik untuk Papua Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghargai niat Sekda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Hery Dosinaen yang meminta maaf atas tindakan yang dilakukannya kepada penyelidik KPK. KPK mengatakan sejak awal berniat baik untuk proses pembangunan Papua.

"Kami hargai permintaan maaf tersebut, sebagaimana yang kami sampaikan sebelumnya, KPK sejak awal memiliki niat baik untuk membantu Papua, dan mendukung pembangunan di Papua dengan cara sesuai kewenangan KPK," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (19/2/2019).


Febri mengatakan tindakan KPK semata-semata dilakukan untuk masyarakat Papua agar dapat menikmati keuangan negara secara maksimal. Menurutnya, jika dikorupsi, keuangan negara hanya menguntungkan beberapa pihak.

"Pencegahan ataupun penindakan jika ada korupsi merupakan upaya bersama KPK untuk menjaga hak-hak masyarakat Papua agar lebih bisa menikmati keuangan negara dengan lebih maksimal," kata Febri.


"Karena penyimpangan-penyimpangan keuangan, termasuk korupsi, hanya akan menguntungkan pejabat yang korup dan pengusaha yang bersama-sama melakukan korupsi," imbuhnya.

Sebelumnya, Hery mengaku khilaf ikut memukuli pegawai KPK yang sedang melaksanakan tugas di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Dia meminta maaf kepada KPK atas perbuatannya tersebut.

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan kedinasan dan Pemprov Papua, (saya) memohon maaf ke pimpinan KPK dan segenap jajaran KPK atas kekhilafan ini," kata Hery seusai pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (18/2).

Diketahui, Polda Metro Jaya menetapkan Hery sebagai tersangka penganiayaan penyelidik KPK. Meski berstatus tersangka, Hery tidak ditahan oleh polisi karena dinilai kooperatif.
(zap/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed