DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 09:26 WIB

ICW Harap Aktor Penting Penganiaya Penyelidik KPK Segera Diungkap

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
ICW Harap Aktor Penting Penganiaya Penyelidik KPK Segera Diungkap Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi Polda Metro Jaya yang mengusut tuntas kasus penganiayaan penyelidik KPK hingga menetapkan Sekda Papua Hery Dosinaen sebagai tersangka. ICW berharap aktor penting lainnya dapat segera diungkap.

"Kami apresiasi pihak kepolisian, kami apresiasi Polda Metro Jaya yang menindaklanjuti laporan ini sehingga menjalankan proses hukum. Kami berharap proses hukumnya akan berjalan objektif sampai menjerat aktor-aktor yang lebih penting," kata Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz kepada detikcom, Selasa (19/2/2019).

Donal menilai penetapan tersangka Hery merupakan langkah maju dalam mengusut kasus penganiayaan penyelidik KPK. ICW pun mendukung langkah Polda Metro Jaya tersebut.

"Apalagi kasus ini terang benderang dilakukan di ruang publik, ada visum et repertum penyidik yang sudah diserahkan, dan menurut saya keterangan saksi, keterangan korban, kemudian hasil bukti visum itu bisa menjadi bukti lebih dari cukup untuk menaikkan kasus ini ke level penyidikan dan penetapan tersangka dan itu dilakukan oleh Polda Metro Jaya," ujarnya.

ICW berharap kasus ini dapat diusut hingga tuntas sehingga menjadi pelajaran berbagai pihak.

"Tidak boleh ada upaya-upaya main hakim sendiri dengan melakukan tindakan-tindakan di luar prosedural hukum. Apalagi ini berkaitan dengan penegak hukum yang menjalankan tugasnya," imbuhnya.


Sekda Papua Hery Dosinaen ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan dua penyelidik KPK. Hery disebut ikut terlibat memukuli penyelidik KPK.

"Ya gitu (ikut memukul). (Dijerat) Pasal 351 KUHP," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/2).


Simak Juga 'Sekda Papua Ditetapkan Sebagai Tersangka Penganiayaan Penyidik KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed