DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 15:25 WIB

Fadli Nilai Elektabilitas Prabowo Meningkat Usai Debat Capres Kedua

Yulida Medistiara - detikNews
Fadli Nilai Elektabilitas Prabowo Meningkat Usai Debat Capres Kedua Foto: Waketum Gerindra Fadli Zon. (Grandyos Zafna-detikcom)
FOKUS BERITA: Debat Cawapres 2019
Jakarta - Anggota Dewan Pembina BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fadli Zon menilai elektabilitas Capres Prabowo Subianto meningkat usai debat capres kedua. Kenaikan itu disebut karena masyarakat semakin memahami Prabowo berpihak ke rakyat.

"Saya kira bagus meningkat ya (elektabilitas). Karena masyarakat semakin jelas memahami bahwa Pak Prabowo itu berpihak kepada rakyat. Berpihak kepada petani, berpihak kepada nelayan, kan keberpihakan," kata Fadli, di Kompleks DPR, Jakarta, Senin (18/2/2019).


Menurut Fadli, masyarakat membutuhkan pemimpin yang berpihak pada rakkyat. Bukan pemimpin yang berbicara memakai istilah yang tak dimengerti.

"Seorang pemimpin itu bukan sekadar ngomong-ngomong soal teori dan ngomongnya kelihatan pakai bahasa-bahasa istilah seolah-olah canggih gitu ya. Terus rakyat nggak ngerti. Yang dibutuhkan oleh rakyat adalah ada keberpihakan kebijakan kepada rakyat," ujarnya.

Dalam debat capres kedua, Prabowo juga sempat memberi apresiasi Jokowi. Fadli menilai apresiasi itu bentuk kesantunan, tidak serta merta menurunkan elektabilitas Prabowo.

"Pak Prabowo itu orangnya santun, tentu kalau ada yang misalnya merupakan satu hal yang sudah dilaksanakan ya saya kira kita harus akui, itu saya kira kenegarawanan Pak Prabowo. Jadi tidak asal semua ditolak kalau memang ada hasil. Walaupun artinya ini kan debatnya antara kandidat, kita bisa periksa lagi bahwa apa yang dilakukan dan terjadi itu tidak sepenuhnya tidak tepat," kata Fadli.

Diketahui, Prabowo menyampaikan setidaknya enam kali melontarkan kalimat bernada apresiasi pada capres petahana Jokowi saat debat kedua. Sejumlah apresiasi itu dilontarkan Prabowo terkait kinerja pemerintahan Jokowi.


Apresiasi pertama disampaikan Prabowo soal capaian pemerintahan Jokowi di bidang infrastruktur. Dia menyebut Jokowi dan jajarannya telah bekerja keras di bidang infrastruktur.

"Saya menghargai apa yang sudah dilakukan oleh Pak Joko Widodo dibidang infrastruktur beliau telah bekerja keras, namun namanya demokrasi saya menawarkan suatu strategi yang akan lebih cepat membawa kemakmuran dan keadilan bagi rakyat Indonesia," kata Prabowo saat menyampaikan visi misinya pada debat kedua yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).


Simak Juga 'Kumpulan Ekspresi Jokowi-Prabowo di Debat Pilpres yang Bikin Greget':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/idh)
FOKUS BERITA: Debat Cawapres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed