BPN Sebut Jokowi Curang Singgung Lahan Prabowo, KPU: Silakan Lapor Bawaslu

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 18 Feb 2019 13:47 WIB
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memprotes pertanyaan capres Joko Widodo (Jokowi) soal kepemilikan lahan dan unicorn di debat capres 2019. KPU mempersilakan melapor ke Bawaslu jika memang melihat adanya dugaan pelanggaran.

"Apabila ada dugaan pelanggaran debat silakan sesuai prosedur melapor Bawaslu," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dihubungi detikcom, Senin (18/2/2019).


Sebelumnya, BPN juga menyebut Jokowi tendensius dan menyerang personal. Menanggapi hal itu, Wahyu mengatakan Bawaslu yang dapat memutuskan apakah itu sebagai bentuk serangan secara personal.

"Silakan ditanggapi oleh Bawaslu, pertama apakah yang bersangkutan oleh capres 01 menyerang atau bukan kan itu dulu," kata Wahyu.

Menurut Wahyu, sebelum debat telah terdapat kesepakatan bahwa bila terjadu dugaab pelanggaran dapat dilaporkan pada Bawaslu. Hal ini dikarenakan debat masuk sebagai salah satu metode kampanye.

"Kemarin ada kesepakatan bersama bahwa apabila ada hal-hal yang dirasakan itu merupakah dugaan pelanggaran selama di debat capres kedua, itu dipersilahkan melaporkan secara resmi ke pada Bawaslu," kata Wahyu.

"Ya karenakan begini, debat capres cawapres itukan salah satu metode kampanye. Sehingga kalau ada dugaan pelanggaran pelaporannya kepada Bawaslu," sambungnya.


Diketahui, BPN protes terkait pernyataan Jokowi trekait penguasaan lahan Prabowo dan unicorn. BPN langsung mendatangi KPU untuk protes soal pertanyaan lahan dan menyebut KPU dan Bawaslu akan menindaklanjuti.

"Tadi kita langsung sampaikan protes kepada KPU dan KPU, ketua KPU berdiri dan seterusnya adakan rapat kilat. Mereka langsung jawab," ujar Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso, (17/2).

"Jawaban KPU, nanti kita rapatkan, dan mempersilakan Bawaslu untuk tindak lanjuti. Bawaslu kabarnya akan merapatkan masalah ini," kata Priyo.


Simak Juga 'Jokowi Umbar Lahan Prabowo, BPN: Bernuansa Fitnah':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/rna)