DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 12:59 WIB

Caleg PKS soal Kartu Bebas Tilang: Itu Pendukung Terlalu Bersemangat

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Caleg PKS soal Kartu Bebas Tilang: Itu Pendukung Terlalu Bersemangat Ilustrasi (Dok. detikcom)
Makassar - Seorang caleg PKS untuk kursi DPRD Sulsel menjadi viral lantaran timsesnya menjanjikan kartu bebas tilang ke masyarakat. Caleg bernama AKBP (Purn) Andi Sudarman memberikan penjelasannya soal hal tersebut.

"Oh itu pendukung saya di Bone. Tapi tidak ada bagi bagi kartu nama bebas tilang," kata Andi Sudarman saat berbincang dengan detikcom, Senin (18/2/2019).


Andi Sudarman diketahui pernah menjabat posisi strategis di kepolisian khususnya di bidang lalu lintas. Sudarman mengatakan tidak ada perintah dari dia untuk mengatakan soal hal tersebut kepada konstituennya di Bone.

"Iya terlalu bersemangat. Mungkin karena latarbelakang saya seorang polisi," ungkapnya.

Dia mengatakan Indonesia adalah negara hukum. Makanya tidak mungkin hanya dengan selembar kartu nama, warga dapat bebas dari pelanggaran hukum.

"Ini tidak benar. Ini kan negara hukum masa selembar kartu nama tidak ditilang," kata dia.

Sebelumnya, sebuah video menjadi perbincangan warga Sulsel soal bagi-bagi kartu nama bebas tilang. Janji ini disampaikan oleh tim kampanye caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Dalam video yang didapatkan, Senin (18/2/2019), seorang anggota tim kampanye dari caleg DPRD Sulsel, AKBP (purn) Andi Sudarman, di sebuah wilayah di Kabupaten Bone, menjanjikan mereka akan bebas tilang jika membawa kartu nama Andi Sudarman.

"Belum menjadi anggota DPRD saja, kartunya namanya sudah berguna. Kartu nama Petta Haji, jika ada sweeping daerah Sinjai dan Bone, kena pelanggaran, lupa surat surat, ada lampu mati, tinggal kasih lihat," kata seorang pria di hadapan warga.

"Insyaallah tidak akan dipersulit," tambah dia.

Dalam video itu, pria ini juga mengklaim bahwa Andi Sudarman telah mengontak pihak Lantas di Polres Sinjai dan Bone agar para pendukungnya yang membawa kartu nama miliknya untuk tidak dipersulit jika ditilang polisi.

"Yang punya ini kartu nama itu adalah pendukungnya AKBP (Purn) Haji Sudarman. Insyaallah tidak akan dipersulit. Kalau dipersulit, tinggal hubungi Petta Haji langsung kalau dipersulit polisi. Kalau kasih lihat kartu namanya, tidak akan dipersulit," ungkapnya.
(fiq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed