DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 11:51 WIB

TKN Soal Tuduhan Jokowi Pakai Earpiece: Silakan Cek CCTV

Yulida Medistiara - detikNews
TKN Soal Tuduhan Jokowi Pakai Earpiece: Silakan Cek CCTV Jokowi bersama Prabowo bersalaman dalam gelaran debat semalam (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dituduh menggunakan earpiece atau penyuara telinga ketika berlaga di panggung debat semalam. Tuduhan yang beredar dari media sosial itu dibantah mentah-mentah.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin bahkan mempersilakan siapa pun yang menudingkan hal itu untuk mengecek CCTV atau kamera pemantau pada ruangan transit debat di The Sultan Hotel Jakarta yang menjadi lokasi debat pada Minggu malam itu. Selain itu banyak saksi yang diklaim mengetahui apa saja yang dilakukan Jokowi sesaat sebelum naik ke panggung debat.




"Boleh dicek saya kira ada CCTV di ruangan itu dan mungkin bisa dicek mulai dari beliau masuk, ngobrol sama beberapa orang di dalam situ, berdoa sebelum ke stage, sempat ke toilet, lalu balik lagi. Setelah itu menuju ke stage panggung depan," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, pada wartawan, Senin (18/2/2019).

Karding mengaku sedari awal menjemput Jokowi bersama Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir. Jokowi saat itu disebutnya bersama Iriana yang kemudian berada di ruang transit bersama Ma'ruf, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan sejumlah ajudannya.

"Saya menyaksikan bahwa tidak ada sama sekali pemasangan alat di tubuh Pak Jokowi berupa earphone dan pulpen yang dibawa itu adalah pulpen biasa bukan pulpen yang seperti dinarasikan BPN di medsos-medsos," ujar Karding.

"Tidak benar sama sekali Pak Jokowi memakai alat tersebut. Pak Jokowi hanya memakai clip on disediakan oleh stasiun televisi penyelenggara debat. Secara teknis tidak mungkin Pak Jokowi menggunakan alat tersebut karena komunikasi di ruang debat di-jammed," imbuhnya.




Karding pun balik menuding bila isu itu muncul untuk mengalihkan isu lain yang disebutnya sebagai kelemahan Prabowo dalam menjawab pertanyaan saat debat. "Jadi saya kira narasi soal penggunaan alat ini sengaja menutupi mengalihkan isu kelemahan-kelemahan Prabowo di dalam memberikan jawaban pada debat yang menurut saya sangat standar dan di luar kapasitas bagi calon presiden," kata Karding.

"Sekaligus menutupi kesuksesa-kesuksesan Pak Jokowi dalam memberikan jawaban yang by data yang memiliki hope dan sekaligus jawaban yang sangat taktis sesuai pertanyaannya dan bukan jawaban-jawaban yang bombastis jargon dan berulang-ulang," imbuhnya.

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bicara soal ramai isu capres Jokowi memakai earpiece saat debat kedua. Menurut BPN, TKN Jokowi-Ma'ruf harus segera memberi penjelasan soal isu itu.

"Kami tidak ingin ini menjadi isu dan fitnah kepada Pak Jokowi bahwa beliau pakai wireless earphone untuk mendengar jawaban. BPN nggak ingin ini jadi fitnah ke Pak Jokowi. Saya sarankan TKN supaya segera mengklarifikasi ini, supaya tidak jadi fitnah dan isu liar. Masa incumbent pakai contekan," kata Andre Rosiade, Senin (18/2).


Simak Juga 'Ini Momen Jokowi Disebut Pakai Earpiece Saat Debat':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini



(yld/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed