DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 23:13 WIB

BPN Jelaskan Momen Prabowo Tanya Balik Jokowi Soal Unicorn

Zakia Liland Fajriani - detikNews
BPN Jelaskan Momen Prabowo Tanya Balik Jokowi Soal Unicorn Debat capres Jokowi-Prabowo (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Prabowo Subianto sempat bertanya-tanya mengenai istilah unicorn yang dilontarkan Joko Widodo (Jokowi) dalam sesi debat kedua. Menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, pertanyaan balik Prabowo keluar karena pertanyaan Jokowi dinilai melenceng dari tema debat.

"Jadi Pak Prabowo tadi agak berpikir dulu. Gimana gitu kan. Mungkin menurut saya sih, Pak Jokowi sudah kehabisan pertanyaan, keluarlah itu untuk memberikan tekanan ke Pak Prabowo," ujar juru bicara pangan dan lingkungan Prabowo-Sandiaga, Gari Primananda, di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).
Selain itu dia menilai pertanyaan itu dimunculkan Jokowi untuk menggaet milenial. Namun Prabowo disebutnya tetap bisa menguasai jalannya debat.

"Intinya kan semuanya untuk kepentingan rakyat. Apapun entah unicorn, online, internet, selama itu memberikan kepentingan kepada masyarakat ya itu diperjuangkan. Kalau tidak ya bisa dipertimbangkan lagi," sebutnya.

Sebelumnya dalam debat, Prabowo mengkhawatirkan perusahaan startup dan percepatan teknologi hebat itu bisa mempercepat arus uang dari Indonesia ke luar negeri. "Jadi kalau ada Unicorn-unicorn. Ada teknologi hebat, saya khawatir mempercepat uang kita lari ke luar negeri," tutur Prabowo.

"Silakan Anda ketawa.. Tapi ini masalah bangsa," imbuh Prabowo.
Menurut Prabowo kekayaan Indonesia tidak pernah ada seluruhnya di dalam negeri. Bahkan menurutnya mayoritas ada di dalam negeri.

"Kalau kita tidak hati-hati dengan antusiasme untuk internet, e-commerce, e ini, e itu. Saya khawatir ini bisa mempercepat uang lari dari dalam negeri ke luar negeri. Ini saya bukan saya pesimis," tutur Prabowo.

Dalam istilah startup atau perusahaan rintisan, unicorn adalah startup yang valuasinya lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Saat ini, ada 4 startup unicorn yang dimiliki Indonesia dan sering disebut-sebut Jokowi, yakni Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka.


(dhn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed