Gantikan Gatot Nurmantyo, Panglima TNI Jadi Ketum FORKI 2019-2023

Herianto Batubara - detikNews
Minggu, 17 Feb 2019 18:46 WIB
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Ketum PB FORKI (ist/Puspen TNI)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) periode 2019-2023. Dia menggantikan posisi Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo.

Terpilihnya Marsekal Hadi sebagai Ketua Umum PB FORKI berdasarkan hasil keputusan Kongres ke-15 PB FORKI tanggal 15-16 Februari 2019, diikuti oleh 150 orang peserta yang berasal dari pengurus daerah di 34 provinsi dan 25 perguruan yang ada di Indonesia.

Dalam sambutannya, Marsekal Hadi menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya Kongres ke-15 PB FORKI. Sebanyak 96 persen suara secara aklamasi mendukung dirinya menjadi Ketua Umum PB FORKI periode 2019-2023.

Gantikan Gatot Nurmantyo, Panglima TNI Jadi Ketum FORKI 2019-2023Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Ketum PB FORKI (ist/Puspen TNI)

"Terima kasih atas dukungan dan penghargaan yang diberikan kepada saya sebagai Ketua Umum, saya bertekad untuk bekerja sama dalam memajukan olahraga Karate Indonesia," ujarnya di Hotel Peninsula, Jl Letjen S Parman, Palmerah, Jakarta Barat, seperti tertulis dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (17/2/2019).


"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum terdahulu yaitu Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo yang telah membawa FORKI menjadi organisasi yang cemerlang dan mohon doa restu beliau," sambung Marsekal Hadi.

Marsekal Hadi mengatakan, even bergengsi Olimpiade Tokyo 2020 sudah di depan mata. Untuk itu, FORKI harus segera mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Gantikan Gatot Nurmantyo, Panglima TNI Jadi Ketum FORKI 2019-2023Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Ketum PB FORKI (ist/Puspen TNI)

"Semoga Karateka Indonesia dapat kembali mengharumkan nama Indonesia di event internasional bergengsi ini. Untuk mendapatkan medali sebanyak mungkin, kita harus berprinsip bahwa kemenangan itu bisa diraih dengan pelatihan yang baik, mempersiapkan diri, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik," ujarnya.

Selain itu Marsekal Hadi mengatakan, kepengurusan PB FORKI yang baru akan segera dilakukan. Tim formatur segera berkoordinasi untuk menyiapkan.

"Dalam hal ini, saya juga akan berkomunikasi dan mengakomodir masukan dari Pengurus Provinsi atau Kepala Perguruan tentang permasalahan yang ada serta sampai sejauh mana kemampuan kita untuk meraih prestasi," tuturnya.

Turut hadir dalam acara ini di antaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekaligus Ketua PP Inkado Siti Nurbaya Bakar, Ketua DPD RI selaku tokoh karate Indonesia Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua Umum PB FORKI 2010-2014 Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, dan Kepala Pusat Jasmani dan Peraturan Militer Dasar (Kapusjaspermildas) TNI Brigjen TNI Sapriadi.


Simak Juga 'Ada Gatot Nurmantyo dalam Pertemuan Jokowi di Istana':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)