DetikNews
Follow detiknews

Live Report Debat Kedua Pilpres 2019

Minggu 17 Februari 2019, 18:05 WIB Tim detikcom - detikNews
Live Report Debat Kedua Pilpres 2019

58 hari jelang pencoblosan Pilpres 2019, Jokowi dan Prabowo bertemu di debat kedua tentang infrastruktur, energi, pangan, lingkungan hidup, dan sumber daya alam. Debat kedua akan dibagi menjadi 6 segmen dan dipandu oleh Tommy Tjokro serta Anisha Dasuki. Ikuti serunya debat di sini!

  • 23:06

    Sampai Jumpa di Debat Ketiga!

    Debat kedua Pilpres 2019 telah selesai. Jokowi dan Prabowo telah adu argumen soal infrastruktur, energi, pangan, lingkungan hidup, dan sumber daya alam. Sampai jumpa di debat ketiga Pilpres 2019 pada 17 Maret 2019!

  • 22:27

    Closing Statement, Prabowo Jelaskan Soal Lahan Miliknya

    Prabowo memanfaatkan sesi closing statement untuk menjawab sindiran Jokowi soal ratusan ribu hektare lahan miliknya. Dia mengakui hal itu, tapi menegaskan bahwa lahan itu adalah HGU.

    "Itu HGU milik negara, setiap saat negara bisa ambil. Demi negara, saya rela kembalikan semua daripada jatuh ke asing," ucap Prabowo.

    Live Report Debat Kedua Pilpres 2019Foto: Rengga Sancaya
  • 22:25

    Jokowi: Tak Ada yang Saya Takuti, kecuali Allah SWT

    Di ujung debat, Jokowi dan Prabowo memberikan pernyataan penutup. Jokowi memamerkan pengalamannya sebagai walikota, gubernur, hingga presiden. Menurutnya, semua itu butuh ketegasan dan keberanian. Jokowi lalu menyinggung pembubaran Petral hingga akuisisi saham Freeport.

    "Kita ingin negara makin baik dan saya akan pergunakan seluruh tenaga saya miliki, kewenangan yang saya miliki untuk mengelola negara. Tidak ada yang saya takuti untuk kepentingan bangsa, negara, kecuali Allah SWT untuk Indonesia maju," ucap Jokowi.

  • 22:11

    Jokowi Singgung 'Unicorn', Prabowo Tanya Maksudnya

    Dalam sesi tanya jawab bebas, Jokowi bertanya soal infrastruktur yang akan dibangun Prabowo untuk membangun 'unicorn'. Prabowo bertanya apa yang dimaksud Jokowi dengan 'unicorn'

    "Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unicorn Indonesia?" tanya Jokowi.

    "Apa itu unicorn? Online-online itu?" ucap Prabowo.

    Setelah Jokowi mengiyakan, Prabowo lalu bicara strateginya yaitu salah satunya mengurangi regulasi. Jokowi lalu menceritakan apa yang sudah dan akan lakukan untuk mendukung startup unicorn. Menurutnya, regulasi sudah mudah.

    Prabowo lalu mengungkapkan kekhawatirannya terkait unicorn ini yaitu jadi uang Indonesia mengalir ke luar negeri.

    Suasana nobar debat / Suasana nobar debat / Foto: Rifkianto Nugroho
  • 22:01

    Debat Prabowo vs Jokowi Soal Impor Bawa-bawa Mendag

    Prabowo mengajukan pertanyaan ke Jokowi soal janji tidak akan impor tapi justru banyak impor. Jokowi lalu memaparkan data impor jagung hingga beras.

    "Kenapa harus impor? Untuk jaga ketersediaan stok, stabilitas harga," jawab Jokowi.

    Menurut Prabowo, jawaban Jokowi sudah sering terdengar. "Kalau kelebihan stok, kenapa harus impor? ucap Prabowo. Dia lalu menyinggung kebijakan Menteri Perdagangan di era Jokowi.

  • 21:48

    Prabowo Singgung 'ABS', Jokowi Cerita Blusukan Temui Nelayan

    Saat memaparkan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, Prabowo bicara bahwa masih banyaknya nelayan miskin dan dibatasi segudang peraturan sehingga mereka kesulitan melaut. Jokowi membantahnya dan mengaku sudah memberikan kemudahan izin bagi nelayan kecil untuk melaut.

    Prabowo tetap bersikukuh dengan pendapatnya. Prabowo menyebut Jokowi mungkin saja terbiasa mendapat laporan 'asal bapak senang'. Jokowi membantahnya dan mengungkapkan blusukan berdua dengan sopirnya ke kampung nelayan di Tambak Lorok, Semarang, pada tengah malam.

    "Saya hampir tiap minggu, tiap bulan ketemu nelayan. Bisa ditanya saya ke Tambak Lorok Semarang, saya berdua dengan sopir memastikan kondisi nelayan," ujar Jokowi.

    Live Report Debat Kedua Pilpres 2019Foto: Rengga Sancaya
  • 21:35

    Saat Prabowo dan Jokowi Sepakat Sudahi Debat Soal Lubang Tambang

    Dalam sesi debat eksploratif, Prabowo dan Jokowi mendapat pertanyaan soal lubang tambang. Prabowo menyebut ada kolusi antara pejabat pemerintah dan perusahaan swasta. Menurutnya, perusahaan-perusahaan itu tidak dikejar lagi.

    "Situasi dibutuhkan sekarang adalah suatu pemerintahan yang tegas, yang berani," ucap Prabowo.

    Jokowi lalu menanggapi dengan bicara soal kerjasama dengan KPK. Prabowo mengapresiasi itu hingga akhirnya keduanya sepakat untuk menyudahi debat.

    "Cukup ya, untuk apa bertele-tele lagi? Kita ingin berantas pencemaran lingkungan. Kalau berbeda, jangan dikit-dikit diadu terus," kata Prabowo.

    "Saya setuju saja," jawab Jokowi.

  • 21:20

    Debat Reforma Agraria, Jokowi Singgung Lahan Prabowo

    Saat memberikan pandangannya mengenai reforma agraria, Jokowi menekankan sudah membagikan jutaan sertifikat tanah pada masyarakat untuk menghindari konflik atas tanah. Sertifikat kehutanan sosial juga ia bagikan.

    Menanggapi Jokowi, Prabowo punya strategi berbeda. Ia akan kembali ke Pasal 33 UUD 1945. Jokowi kembali menjawab Prabowo. Ia menegaskan sertifikat hutan sosial tidak dibagikan kepada pemilik lahan yang besar. Jokowi pun menyinggung besaran lahan milik Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh.

    "Pak prabowo punya lahan luas di Kaltim sebesar 220 ribu hektare, Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya ingin sampaikan bahwa pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," kata Jokowi.

  • 21:14

    Prabowo Mau Pisahkan KLHK-Kemenhut, Jokowi Bicara Penegakkan Hukum Karhutla

    Prabowo dan Jokowi kini berdebat soal isu lingkungan hidup. Prabowo mendapat pertanyaan soal solusi pencemaran lingkungan lalu dia bicara tentang penegakkan hukum terhadap perusahaan yang tidak melaksanakan ketentuan.

    "Saya akan tegakkan pemerintahan yang bersih yang tak akan kongkalikong cemari lingkungan. Kita akan pisahkan. Menteri kehutanan kok jadi satu dengan lingkungan hidup," ucap Prabowo.

    Ada sentilan soal penegakkan hukum lingkungan, Jokowi lalu bicara tentang penanganan karhutla termasuk penegakkan hukum. "Kita tegas penegakkan hukum terhadap perusak lingkungan," ucapnya.

    Prabowo kemudian memberi apresiasi. "Saya akui kalau demikian prestasi bapak kita hormati," kata Prabowo

    Live Report Debat Kedua Pilpres 2019Foto: Rengga Sancaya
  • 21:05

    Tak Ada Korban Akibat Ledakan Dekat Lokasi Nobar Capres

    "Tidak ada korban jiwa, kemudian TKP-nya jauh dari lokasi nobar debat. Ada di semak-semak sama di bawah pohon," kata Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi.

  • 21:00

    Dikritik Belum Bela Petani, Jokowi Sebut Prabowo Kurang Optimis

    Jokowi menyampaikan pandangannya mengenai revolusi industri 4.0 untuk bidang pertanian. Ia sudah mendorong petani juga beralih menjual komoditasnya secara online. Di lain pihak, Prabowo justru mengkritik Jokowi yang dinilainya belum berpihak kepada petani. Jokowi pun menyebut Prabowo kurang optimis.

    "Pak prabowo kelihatanhya ke depan kurang optimis. Kalau saya lihat dengan pembangunan SDM saya yakin kita akan menyongsong revolusi industri 4,0 dengan optimis. Petani masuk marketplace, sudah pasarkan produk petani ke konsumen," ujar Jokowi.

  • 20:52

    Polisi olah TKP lokasi ledakan di dekat nobar capres

    Ledakan dengan dentuman yang cukup keras terdengar di Parkir Timur Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

    Live Report Debat Pilpres 2019: Jokowi vs Prabowo Soal InfrastrukturFoto: Roland/detikcom
  • 20:50

    Prabowo vs Jokowi Soal Konflik di Infrastruktur

    Di topik infrastruktur, Prabowo mendapat pertanyaan soal konflik agraria. Prabowo ditanya tentang strateginya dalam membangun infrastruktur yang inklusif dan tidak meninggalkan kelompok marginal. Prabowo menegaskan akan melibatkan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur.

    "Infrastruktur harus untuk rakyat. Dalam perencanaan, sangat penting ikut sertakan masyarakat yang terkena dampak pembangunan infrastruktur," ucap Prabowo.

    Jokowi lalu menanggapi dengan memamerkan program pembangunan jalan desa untuk rakyat dengan memberikan ganti rugi. "Hampir 4,5 tahun hampir tidak ada konflik," kata Jokowi.

  • 20:38

    Jokowi Paparkan Infrastruktur, Prabowo Bilang Grusa-Grusu

    Jokowi mendapat pernyataan di bidang infrastruktur tentang konektivitas. Dia bicara soal program infrastruktur selama 4 tahun, mulai dari pembangunan jalan hingga pelabuhan dan airport. Menurutnya, dengan program itu maka berbagai daerah jadi tersambung.

    "Saya akan konsisten membangun infrastruktur sehingga betul konektivitas tersambung," ucap Jokowi.

    Mendapat sesi tanggapan, Prabowo menuding Jokowi grusa-grusu karena banyak proyek tidak efisien. Dia menyinggung LRT hingga Bandara Kertajati. "Ini yang jadi masalah," kata Prabowo.

    Jokowi menyanggah kritik Prabowo tersebut. Dia menegaskan proyek-proyek itu sudah melalui feasibility study. " Kalau Pak Prabowo sampaikan tanpa feasibility, salah besar," tegas Jokowi.

  • 20:30

    Suara Ledakan Terdengar di Dekat Lokasi Nobar Debat

    Suara ledakan terdengar di lokasi nobar debat capres 2019 di Parkir Timur Senayan. Polisi langsung mengamankan lokasi.

  • 20:27

    Jokowi Paparkan Visi-Misi Bidang Infrastruktur hingga Lingkungan

    Capres Joko Widodo diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi-misinya mengenai infrastruktur, energi, pangan, dan lingkungan hidup. Di bidang infrastruktur, Jokowi memamerkan capaiannya mengenai dana desa.

    Sejauh ini, pemerintah sudah menggelontorkan Rp 180 triliun untuk dana desa. Untuk apa? Jokowi mengatakan, dana desa berkontribusi membangun infrastruktur di desa untuk roda ekonomi.

    Untuk bidang lingkungan hidup, Jokowi mengatakan sudah berhasil mengendalikan kebakaran hutan dan lahan. Ia berjanji akan mengurangi jumlah sampah plastik di laut dan sungai. "Kita ingin kurangi sampah plastik di sungai dan laut," ujar Jokowi.

  • 20:15

    Prabowo Tekankan Swasembada, Apresiasi Jokowi Soal Infrastruktur

    Prabowo memaparkan visi misi di sesi awal debat. Prabowo menekankan bahwa isu infrastruktur, energi, pangan, lingkungan hidup, dan sumber daya alam adalah inti masalah di negara ini. Dia memaparkan visinya untuk swasembada di Indonesia. Prabowo juga sempat mengapresiasi program infrastruktur Jokowi selama ini.

    "Saya hargai apa yang dilakukan Pak Jokowi di bidang infrastruktur, beliau kerja keras. Namun saya tawarkan strategi lebih cepat untuk membawa kemakmuran bagi rakyat Indonesia," ucapnya

  • 20:03

    Debat Dimulai, Jokowi dan Prabowo Naik Panggung

    Joko Widodo dan Prabowo Subianto telah memasuki arena debat capres 2019 di Hotel Sultan. Keduanya sempat cipika cipiki di panggung sementara pendukung keduanya terus meneriakkan yel-yel. Debat dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya.

    Live Report Debat Pilpres 2019: Jokowi dan Prabowo Naik PanggungFoto: Debat kedua Pilpres 2019 (Dwi/detikcom)
  • 19:26

    Jokowi Tiba di Lokasi Debat

    Capres 01, Joko Widodo, tiba di lokasi debat, Hotel Sultan. Berkemeja putih, Jokowi didampingi sang istri, Iriana. Moeldoko dan Pramono Anung tampak menemani Jokowi saat tiba. Saat masuk ke dalam hotel, Jokowi disambut oleh Hary Tanoesoedibjo.

    Live Report Debat Pilpres 2019: Jokowi Tiba di Lokasi DebatFoto: Dwi Andayani/detikcom
  • 19:24

  • 19:18

    Jokowi Menuju Lokasi Debat

    Capres 01, Joko Widodo berangkat menuju lokasi debat di Hotel Sultan. Jokowi berangkat dari Istana Merdeka.

  • 19:16

    Polisi yang berada di lokasi berinisiatif memisahkan kedua kelompok pendukung di dekat pintu masuk The Sultan Hotel. Tampak ada 20 personel polisi membuat 'pagar betis'.

    Live Report Debat Pilpres 2019: Jokowi Menuju Lokasi DebatFoto: Dwi Andayani/detikcom
  • 19:12

    Prabowo Disambut Hary Tanoe di Lokasi Debat

    Prabowo tiba di lokasi debat yaitu Hotel Sultan pukul 19.13 WIB. Prabowo disambut oleh Hary Tanoesoedibjo, Ketum Perindo yang juga merupakan Bos MNC Group.

  • 18:59

    Ma'ruf Amin Berangkat ke Lokasi Debat

    Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin berangkat ke lokasi debat di Hotel Sultan dari Rumah Situbondo, Menteng. Didampingi sang istri, Ma'ruf Amin tersenyum dari mobil.

    Ma'ruf Amin berangkat ke lokasi debat / Ma'ruf Amin berangkat ke lokasi debat / Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
  • 18:57

    Jokowi Bicara Persiapan Debat Bersama Keluarga

    Capres Joko Widodo jumpa pers sebelum berangkat menuju lokasi debat kedua Pilpres 2019. Jokowi didampingi oleh keluarganya yaitu Iriana, Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, serta cucunya, Sedah Mirah Nasution. Jokowi mengaku sempat jogging dan tidur hari ini sebelum debat. Dia juga pergi makan siang bersama keluarga.

    "Kalau kita sih santai-santai saja," ucap Jokowi.

    Live Report: Debat Kedua Pilpres 2019Foto: Ray Jordan/detikcom
  • 18:45

    Area debat capres putaran kedua di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, telah disterilisasi sejak pukul 17.22 WIB. Salah satu tempat yang disterilisasi adalah pintu VVIP menuju venue.

    Pintu VVIP ini merupakan pintu masuk bagi capres-cawapres, pimpinan parpol, dan tamu undangan VVIP lainnya. Beberapa polisi mulai berjaga di sekitar pintu gerbang dan pintu masuk hotel. Selain pihak kepolisian, Paspampres tampak mulai berjaga di sekitar lokasi.

    Selain di pintu VVIP, terdapat satu pintu lain bagi para undangan VIP menuju ruang debat. Meski pintu VIP belum disterilisasi, Paspampres tampak mulai berjaga di pintu VIP yang tak jauh dari VVIP.

    Pintu VIP ini nantinya akan digunakan bagi tamu undangan KPU dan pendukung capres. Sebelum memasuki pintu VIP, tamu undangan akan lebih dulu melewati pengamanan dengan menukar undangan dengan gelang.