DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 17:40 WIB

Dahnil: Prabowo Akan Rileks di Debat, Jokowi Terbebani Janji Tak Terealisasi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Dahnil: Prabowo Akan Rileks di Debat, Jokowi Terbebani Janji Tak Terealisasi Foto: Dahnil Anzar Simanjuntak. (M Fida/detikcom).
Jakarta - 'Perang urat syarat' terlontar jelang gelaran debat Pilpres kedua. Koordinator Jubir Badan Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan beban Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) sangat berat di debat kedua. Dahnil mengatakan banyak janji Jokowi yang akan ditagih di debat tersebut.

"Sangat rileks ya, jadi Pak Prabowo akan tetap tampil menawarkan solusi perubahan yang baru. Jelas Pak Prabowo datang di debat ini tanpa beban, beliau datang dengan harapan baru," ujar Dahnil di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Sedangkan di sisi lain, menurut Dahnil, Jokowi datang dengan beban yang sangat berat. Hal itu menurutnya berkaitan dengan janji politik yang dianggap belum selesai.

"Sedangkan Pak Jokowi, datang dengan beban yang sangat berat. Janji politik dengan masyarakat 4 tahun lalu. Yang tidak pernah dipenuhi misalnya pangan, impor dan sebagainya," tutur Dahnil.

Dahnil membantah isu debat kedua sangat lekat dengan Jokowi. Dalam debat, menurutnya, akan terbukti Jokowi tidak menepati janjinya dalam persoalan energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

"Justru keliru yang menyatakan ini adalah Pak Jokowi banget. Malah justru ini nggak Pak Jokowi banget. Karena apa, karena janji politik Pak Jokowi terhadap ...nggak impor pangan ternyata dikhianati," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, menyebut Jokowi sangat menguasai tema debat kedua capres. Jokowi sudah mempersiapkan materi debat capres, termasuk dengan para pakar.



"Yang penting isu yang sedang, akan didiskusikan dengan ini (dalam debat capres), ini sih Pak Jokowi banget. Beliau sudah ketemu pakar yang beliau percaya. Kemarin saya lihat (latihan) bagus. Karena ini yang ditunggu-tunggu, presiden bersama capres, ini yang ditunggu," ujar Erick Thohir kepada wartawan di kantor TKN, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

Erick Thohir lantas menyinggung soal kesiapan capres Prabowo Subianto. Erick ingin tahu visi-misi Prabowo terkait tema debat capres, yakni energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

"Dan penting sekali kita ingatkan, kita pilih presiden. Pak Prabowo jangan gagal fokus karena ini penting bagi Pak Prabowo untuk yakin karena selama ini banyak tanya, kok visi-misi jiplak, ini yang kemarin banyak diisukan," imbuhnya.


Tonton video: Erick Thohir: Jokowi Tawarkan Solusi, Bukan Janji

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed