DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 16:45 WIB

TKN Pamer Capaian 4 Tahun Jokowi, Sandi: Masih Banyak Kekurangan

Indra Komara - detikNews
TKN Pamer Capaian 4 Tahun Jokowi, Sandi: Masih Banyak Kekurangan Cawapres Sandiaga (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin memamerkan capaian kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla selama 4 tahun terakhir. Cawapres Sandiaga mengkritik pemerintahan Jokowi masih banyak kekurangan.

"Masalah prestasi yang sekarang tentu yang bagus kita apresiasi, tapi masih banyak kekurangannya dan kekurangannya ini akan kita pastikan Prabowo-Sandi memberikan solusinya," ujar Sandiaga di Papa Bro Cafe, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

Capaian kinerja pemerintahan Jokowi-JK yang dijabarkan TKN antara lain divestasi Freeport hingga 51% dan pemerataan bidang energi listrik mencapai 97,13%.

Selain timses Jokowi, Direktur Eksekutif Yayasan Madani Berkelanjutan Teguh Surya bicara soal kinerja positif pemerintahan era Jokowi di sektor lingkungan. Dia menyebut ada penurunan angka kebakaran hutan di pemerintahan capres nomor urut 01 itu. Angka penurunan titik api pada 2016 sampai 90 persen.

Sandiaga tak menganulir keberhasilan dalam 4 tahun pemerintahan Jokowi tersebut. Tetapi, menurutnya, masyarakat saat ini mengeluhkan lapangan pekerjaan dan naiknya harga pangan.

Eks Wagub DKI ini tak melihat Jokowi memberi solusi soal lapangan pekerjaan dan kestabilan harga pangan.

"Ya tentunya kita mesti lihat itu prestasi, masyarakat bisa melihat apa yang dikerjakan Pak Jokowi sekarang. Tapi yang kita sampaikan sekarang bahwa yang menjadi keluhan di masyarakat adalah lapangan pekerjaan, harga pangan yang mahal, nah ini belum bisa disolusikan dalam 4 tahun pemerintahan Pak Jokowi," kata Sandiaga.

"Jadi untuk ke depan, kita akan fokus bagaimana Prabowo-Sandi akan memberikan solusi terhadap masalah pangan dan energi," lanjut dia.


Sebelumnya, Wakil Direktur Kampanye TKN Daniel Johan memamerkan capaian kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla selama 4 tahun terakhir. Daniel mengatakan 97,13 persen pemerintah Jokowi-JK sudah berhasil di bidang energi.

"Kinerja pemerintahan Jokowi-JK 4 tahun terakhir ini patut diacungkan jempol, berbagai capaian dirasakan langsung oleh masyarakat mulai dari pencapaian di bidang energi listrik, misalnya, sudah mencapai 97,13% dan diharapkan mencapai 100% di pemerintahan saat ini," ujar Wakil Direktur Kampanye TKN Daniel Johan kepada wartawan.

Selain itu, Daniel membanggakan pembangunan infrastruktur pertanian di era Jokowi. Dia membeberkan produksi-produksi sejumlah komoditas.

"Begitu pula dengan infrastruktur pertanian, mulai dari pembangunan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi, baik padi, jagung, kedelai, dan komoditi lainnya, salah satunya adalah pemerintah melalui 3 kementerian telah membangun 5.121 embung. Pemerintah juga membangun 860.015 hektare jaringan irigasi dan jutaan hektare irigasi lama yang telah direhabilitasi," tutur Wasekjen PKB itu.


Ssst... Jokowi Punya Kejutan di Debat Kedua Pilpres 2019, Simak Juga:

[Gambas:Video 20detik]



(idn/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed