DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 07:47 WIB

TKN: Tema Debat Capres Kedua Jokowi Banget!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
TKN: Tema Debat Capres Kedua Jokowi Banget! Foto: Jokowi dan Ace Hasan (dok. pribadi)
FOKUS BERITA: Debat Cawapres 2019
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin optimistis Jokowi bisa mengungguli Prabowo Subianto di debat capres 2019 kedua. Juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily menyebut tema debat capres kedua 'Jokowi banget'. Apa maksudnya?

"Secara substansi, tema debat yang kedua ini sangat 'Jokowi banget'. Pak Jokowi sangat menguasai tema debat infrastruktur, pangan, energi, sumber daya alam dan lingkungan. Tema-tema debat itu sangat dikuasai Pak Jokowi," ujar Ace kepada wartawan, Minggu (18/2/2019).


Ace menyebut Jokowi sudah memberi bukti-bukti yang berkaitan dengan tema debat capres kedua. Ace menyoroti soal infrastruktur.

"Sebagai petahana, Pak Jokowi bukan lagi berjanji tapi sudah memberikan bukti dengan capaian-capaian yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Perubahan itu bisa dilihat dengan mudah antara sebelum (before) dengan (after)," kata Ace.

"Perubahan yang paling nyata adalah di bidang infrastruktur. Dalam lebih dari empat tahun, Pak Jokowi meletakkan paradigma pembangunan Indonesia Sentris. Membangun infrastruktur bukan hanya di Jawa, tetapi di seluruh pelosok Indonesia, di perbatasan, di kawasan pinggiran, di pulau terdepan, maupun di kawasan terisolir," imbuh dia.


Merespons keberhasilan pembangunan infrastruktur yang luar biasa dalam waktu yang pendek, kata Ace, kubu 02 pasti akan nyinyir pada hal-hal yang klise. Meski demikian, Jokowi disebut sudah siap dengan beragam serangan.

"(Misalnya) soal dominasi BUMN dalam pembangunan infrastruktur, soal pembiayaan infrastruktur yang disebut mereka banyak dari sumber utang, soal kemahalan biaya infrastruktur, kualitas infrastruktur sampai dengan kasus-kasus korupsi dalam proyek infrastruktur. Pak Jokowi sudah sangat siap dengan serangan itu bahkan akan membuat serangan balik yang sangat tajam," tutur Ace.


Politikus Partai Golkar itu menyebut Jokowi akan membeberkan visi untuk periode kedua. Ace menyebut apa yang telah dikerjakan Jokowi saat ini merupakan fondasi yang akan dilanjutkan pada periode berikutnya.

"Apa yang akan dilakukan Pak Jokowi ke depan? Pak Jokowi akan meningkatkan nilai tambah dari pemanfaatan infrastruktur. Caranya? Mengintegrasikan pembangunan infrastruktur dengan pengembangan ekonomi kawasan dengan sentra-sentra ekonomi, dengan kawasan perdesaan dan pengembangan ekonomi digital serta memperbesar manfaat infrastruktur bagi UMKM," sebut Ace.



Tonton juga video 'TKN Akan Hadirkan Kepala Daerah di Debat Pilpres Kedua':

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/ibh)
FOKUS BERITA: Debat Cawapres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed