DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 22:06 WIB

Pesawat Lion Air Tergelincir, Bandara Supadio Ditutup Hingga Besok Pagi

Haris Fadhil - detikNews
Pesawat Lion Air Tergelincir, Bandara Supadio Ditutup Hingga Besok Pagi Lion Air tergelincir di Pontianak (Foto: Dok. Twitter/@akbaridheIF)
Jakarta - Bandara Supadio, Pontianak ditutup sementara hingga pukul 06.00 WIB Minggu (17/2) pasca tergelincirnya pesawat Lion Air. Penutupan disebut sesuai dengan pengumuman resmi dari otoritas bandar udara.

"Sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam), yaitu berupa penutupan operasional bandar udara hingga pukul 06.00 WIB (23.00 UTC) pada Minggu (17/02)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/2/2019).


Dia menyatakan penutupan sementara itu berdampak pada lima penerbangan Lion Air dan Wings Air. Ada tiga penerbangan yang dibatalkan sejak pukul 15.30 WIB, yaitu Lion Air JT-686 Soekarno-Hatta-Pontianak, Lion Air JT-715 Pontianak - Soekarno-Hatta, dan Lion Air JT-957 Batam-Pontianak-Bandung.

Kemudian, ada dua penerbangan yang mengalami penundaan, yaitu Lion Air JT-816 Pontianak-Makassar dan Wings Air IW-1345 Ketapang-Pontianak. Danang memastikan telah menginformasikan hal tersebut kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya.

"Lion Air dan Wings Air telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya dan juga memfasilitasi atau melayani seluruh penumpang sesuai dengan kebutuhan menurut ketentuan dan peraturan yang berlaku seperti pembatalan penerbangan, pengembalian dana tiket (refund), perubahan jadwal terbang (reschedule)," ujarnya.


Danang menyatakan Lion Air dan Wings Air akan beroperasi kembali setelah pengelola bandara menyatakan bandara dibuka kembali. Dia menyatakan pihaknya berupaya agar penerbangan lain tak terganggu.

Penutupan Bandara Supadio ini sendiri merupakan dampat pesawat Lion Air JT 714 yang tergelincir di runway saat mendarat. Tak ada korban akibat peristiwa itu.

Pesawat itu membawa 7 kru, 180 penumpang dewasa dan 2 bayi. Pesawat berjenis Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS itu lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, sekitar pukul 13.50 WIB. Saat peristiwa over run itu terjadi, cuaca sedang hujan.
(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed