Jelang Debat Capres: Prabowo Hafal Data di Luar Kepala, Jokowi Pede

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Feb 2019 14:55 WIB
Jokowi dan Prabowo Subianto di arena debat capres-cawapres pertama. (Agus Suparto)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kembali naik panggung untuk debat capres kedua, besok, Minggu (17/2). Keduanya disebut sama-sama siap menghadapi debat capres.

Tema debat capres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, adalah energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Capres petahana Jokowi mengaku siap membeberkan capaian pemerintah seputar tema tersebut.

"Menurut saya besok infrastruktur, kita sampaikan apa yang sudah dikerjakan juga masalah energi akan saya sampaikan yang kita lakukan. Pangan, data-data yang kita punyai akan disampaikan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana, Sabtu (16/2/2019).


Keyakinan Jokowi bakal menguasai debat capres kedua juga pernah disampaikan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir. Menurutnya, Jokowi sudah mempersiapkan materi debat capres, termasuk dengan para pakar.

"Yang penting isu yang sedang, akan didiskusikan dengan ini (dalam debat capres), ini sih Pak Jokowi banget. Beliau sudah ketemu pakar yang beliau percaya. Kemarin saya lihat (latihan) bagus. Karena ini yang ditunggu-tunggu, presiden bersama capres, ini yang ditunggu," ujar Erick Thohir kepada wartawan, Rabu (13/2).

Sementara Wakil Ketua TKN Moeldoko menyebut Jokowi sudah berpengalaman, terutama soal pembangunan infrastruktur. Karena itu, mudah untuk mempromosikan Jokowi sebagai capres petahana dengan pencapaiannya kepada masyarakat.


"Beliau telah memiliki pengalaman bertempur, pengalaman mengelola negara yang sangat luar biasa berikutnya. Memiliki program yang sangat jelas. Pertama, pembangunan infrastruktur yang luar biasa sebagai fondasi untuk lompatan yang berikutnya," ujar Moeldoko.

Bagaimana dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto? Waketum Gerindra Fadli Zon menegaskan kesiapan capres Prabowo menghadapi debat capres putaran kedua. Prabowo disebut sudah menguasai materi debat.

"(Prabowo) akan dengan data, dengan rasional, dan terukur. Pak Prabowo sudah hafal luar kepala data-data. Beliau kan sudah menulis buku tentang 'Paradoks Indonesia', tentang 'Indonesia Menang'," kata Fadli kepada wartawan di Seknas Prabowo-Sandi, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Prabowo, disebut Fadli, bakal melakukan banyak improvisasi saat debat. Namun, dipastikan Fadli, Prabowo sudah menguasai materi debat capres.

"Pak Prabowo itu kan sudah biasa bicara soal pangan, soal kedaulatan pangan, soal infrastruktur, dan soal-soal lain, terutama Pak Prabowo dua kali menjadi Ketua Umum HKTI. Sekarang saya meneruskan beliau. Jadi kepedulian Pak Prabowo terhadap petani dan sektor pertanian terbiasa komitmennya," papar Fadli.

Sedangkan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Faldo Maldini, menyebut keberhasilan capres petahana Jokowi akan diuji saat debat kedua nanti.

"Tunggu saja karena memang publik juga ingin tahu kan apa sih yang membedakan antara Prabowo-Sandi dan Jokowi sebagai petahana. Dan juga kita akan menguji klaim-klaim keberhasilan yang selalu disampaikan Pak Jokowi," kata Faldo, Rabu (13/2).

Faldo juga mengungkit kembali mengenai anggaran bocor dan tata kelola LRT yang dikritik sebelumnya oleh Wapres Jusuf Kalla (JK). Dia menilai tata kelola pemerintah saat ini masih buruk karena masih ada anggaran bocor.

"Yang jelas, berkali-kali Pak Prabowo bilang tentang anggaran bocor, anggaran bocor itu tentang sistem tata kelola atau miss management. Bagaimana LRT itu investment cukup besar dengan government-nya. Kalau saya nggak salah, tolong dikoreksi, Rp 1 miliar per bulan ya dengan biaya opex-nya sampai Rp 10 miliar kalau nggak salah," papar Faldo.


Saksikan juga video 'Momen Gemuruh Yel-yel Bersahutan Jelang Debat Capres Pertama':

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)