DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 23:06 WIB

Kalapas Karangasem Bantah Kasus Pemerkosaan Gadis SMP di Lapas

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kalapas Karangasem Bantah Kasus Pemerkosaan Gadis SMP di Lapas Fausi, pelaku pemerkosaan gadis 14 tahun di Lapas Karangasem. (Foto: Istimewa)
Karangasem - Muhammad Fausi (30) ditangkap polisi karena memperkosa gadis SMP di ruangan besuk Lapas Karangasem, Bali. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Karangasem, Bali, Rochkidam membantah.

"Ruangan besuk lapas kita itu nggak boleh ada yang masuk nyeberang ke sana, baik penghuni maupun pengunjung, tidak mungkinlah," kata Rochkidam via telepon, Jumat (15/2/2019).



Berdasarkan keterangan polisi, gadis berusia 14 tahun ini disetubuhi di bawah ancaman pada Minggu sekitar Juli 2018 di lapas. Rockhidam sangsi akan keterangan itu karena hari Minggu bukan jadwal besuk.

"Katanya dilakukan hari Minggu, hari Minggu kan nggak ada besukan. Saya belum bisa memberikan keterangan detail sebab baru mereka-reka karena besok pagi saya perintahkan kepala keamanan, dan seksi kamtib untuk konfirmasi atau klarifikasi ke Polsek Karangasem, ke si Fausi-nya," tuturnya.

Rochkidam membenarkan Fausi merupakan salah satu tahanan yang mendapat pembebasan bersyarat karena berkelakuan baik. Fausi juga sempat menjadi tahanan pendamping (tamping) saat menjalani pidana di Lapas Karangasem terkait kasus penjambretan.

"Setiap napi yang berkelakuan baik dipercaya petugas melakukan kebersihan, tamping, dia itu masuk tamping kebersihan. Dia kasusnya penjambretan kena pidana kira-kira 2 tahun lebih, lupa saya karena datanya di kantor, dia kena pembebasan bersyarat sekitar bulan Oktober-November," urainya.



Meski begitu, Rochkidam memastikan bakal mengusut peristiwa tersebut. Jika terbukti ada pegawainya yang terlibat, dia bakal menindak tegas.

"Namun ketika dilakukan hari Minggu dan ada pegawai yang memfasilitasi mudah-mudahan Pak Kakanwil (Sutrisno, red) bisa saya minta untuk yang bersangkutan dipindahkan jauh dari Karangasem," tegas Rochkidam.

Sebelumnya diberitakan, gadis pelajar SMP menjadi korban perkosaan ketika menemani temannya membesuk Fausi. Gadis itu juga berkali-kali disetubuhi dengan diancam akan dibunuh jika mengadu atau tak melayani pelaku.

Fausi kini ditahan di Rutan Polres Karangasem. Dia dijerat Pasal 81 jo 76 d Undang-Undang No 35 Tahun 2014.
(ams/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed