DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 15:55 WIB

Subkhan akan Lapor Polisi soal Tuduhan Sandiwara, TKN: Itu Hak Beliau

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Subkhan akan Lapor Polisi soal Tuduhan Sandiwara, TKN: Itu Hak Beliau Foto: Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily. (Azizah-detikcom)
Jakarta - Petani bawang di Brebes, Subkhan, akan melapor ke polisi karena dituduh bersandiwara saat curhat ke cawapres Sandiaga Uno. Subkhan akan melaporkan sejumlah akun Twiiter atas dugaan pencemaran nama baik.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menghormati rencana tersebut. Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily menegaskan bahwa Subkhan memiliki hak yang sama di mata hukum.

"Kita menghormati Pak Subkhan. Tapi kan kita juga tahu bahwa jejak digital dengan ekspresi Pak Subkhan seperti begitu ya. Saya kira itu hak beliau lah untuk melaporkan," kata Ace di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/2/2019).



Ace menilai bahwa politik sebetulnya adalah memainkan peran seperti sandiwara. Ia justru mempertanyakan apa yang ingin dilaporkan oleh Subkhan.

"Tapi kalau dilaporkan kan kira-kira apa yang dilaporkannya gitu kan. Justru yang kita kritik itu kan model sandiwara yang mendramatisasi keadaan," ujar Ace.

"Mendramatisasi keadaan itu justru tercermin di dalam apa yang dilakukan oleh Pak Sandi dan Pak Subkhan di Brebes tersebut. Ya saya kira itu haknya Pak Subkhan untuk melaporkan ya," pungkasnya.



Sebelumnya, petani bawang asal Brebes, Subkhan, akan mempolisikan penyebar hoax surat permohonan maafnya. Subkhan dalam surat tersebut selaku pihak yang membuat pernyataan meminta maaf dan mengaku telah melakukan kebohongan di depan Sandiaga karena menjalankan skenario tim sukses.

Subkhan yang merasa difitnah dan dicemarkan nama baiknya akan mempolisikan penyebar hoax 'surat kebohongan' itu. Salah satu akun yang akan dilaporkannya adalah Jubir PSI Guntur Romli.

"Guntur Romli akan saya laporkan. Manakala saya sedang perjuangkan nasib petani, tapi malah dimaknai sebagai sandiwara dan pura-pura menangis. Ini sangat merendahkan petani. Seorang politisi tidak memiliki sense of crisis terhadap petani," kata Subkhan saat dihubungi detikcom, Kamis (14/2).

"Dia sudah mencemarkan nama baik dan merendahkan. Akan saya laporkan," lanjutnya.

BPN Prabowo-Sandi juga siap membantu Subkhan mempolisikan si penyebar hoax. BPN menunggu pembuat hoax Subkhan sandiwara meminta maaf terlebih dahulu.

"Kami memberikan waktu kepada para pemfitnah untuk meminta maaf dan berjanji tidak mengulangi perbuatan secara tertulis sampai pukul 16.00 WIB hari ini. Jika mereka minta maaf, tidak akan kami laporkan. Namun, untuk yang tidak minta maaf, laporan akan jalan terus," kata Ketua Bidang Advokasi dan Hukum BPN Habiburokhman dalam keterangannya, Kamis (14/2).


Simak Juga 'Subkhan Fight Back! Bantah Curhatannya ke Sandi Hoax':

[Gambas:Video 20detik]


Subkhan akan Lapor Polisi soal Tuduhan Sandiwara, TKN: Itu Hak Beliau

(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed