DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 20:02 WIB

PKS Umumkan 2 Cawagub DKI, Gerindra Sebut Belum Final

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
PKS Umumkan 2 Cawagub DKI, Gerindra Sebut Belum Final Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - DPW PKS DKI Jakarta mengumumkan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto menjadi calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik menyebut keputusan tersebut belum final.

"Belum (final), kalau tidak sepakat misalnya cuma satu (orang) sepakatnya, ya nyari satu lagi. Bisa kayak begitu kan," kata Taufik saat dihubungi, Kamis (14/2/2019).
Taufik mengatakan hasil rekomendasi tim fit and proper test diputuskan oleh partai pengusung. Dia menuturkan akan bertemu kembali dengan PKS pada Sabtu (16/2).

"Kan semuanya tiga nama itu yang direkomendasikan kita bahas di partai," jelasnya.

Sebelumnya, PKS telah merilis dua nama cawagub yang lolos fit and proper test, yaitu Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Anggota tim panelis Ubedilah Badrun menegaskan kedua cawagub telah memenuhi kriteria.

"Kami melihat di antara yang tiga itu orang-orang terpelajar sehingga cara pandang yang baik. Tapi kita cari mana kelemahannya sedikit dari 3 itu karena kami mencari 2, maka muncullah dua itu, itu yang kami anggap kelemahannya lebih sedikit," kata Ubedilah saat dihubungi, Selasa (12/2).
Ubedilah mengatakan terdapat tujuh kriteria dalam menentukan cawagub. Di antaranya integritas, rekam jejak, relasi dengan DPRD, serta pengetahuan dan pemahaman terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kriteria-kriteria lain juga kita usulkan misalnya soal akseptabilitas publik. Seberapa besar publik bisa menerima mereka," ujarnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed