DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 16:58 WIB

Kurir yang Dikendalikan Napi LP Jambi Ditangkap, 1 Kg Sabu Disita

Raja Adil Siregar - detikNews
Kurir yang Dikendalikan Napi LP Jambi Ditangkap, 1 Kg Sabu Disita Polisi menangkap Kholis (32), kurir sabu di kota Palembang. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Polisi menangkap Kholis (32), kurir sabu di kota Palembang, Sumatera Selatan. Kholis dikendalikan napi lapas di Surolangun, Jambi.

Wakil Direktur Narkoba Polda Sumatera Selatan AKBP Amazona menyebut 1 kg sabu itu dapat dari laporan warga. Hasil pemantauan ternyata benar Kholis yang membawa sabu untuk diberikan kepada bandar.

"Untuk yang 1 kg sabu ini awalnya kami mendapat informasi akan ada transaksi narkoba. Setelah kami cek, ternyata ada yang membawa sabu," ujar AKBP Amazona di Polda Sumsel, Kamis (14/2/2019).

Saat penangkapan, Kholis sempat menyerang polisi dengan senjata tajam. Namun aksinya digagalkan setelah dia ditembak di bagian kaki.


"Anggota datang untuk memeriksa, tapi dia melawan dan mengeluarkan senjata tajam menyerang anggota. Terpaksa ini diambil tindakan tegas dan kaki kirinya ditembak," imbuh dia.

"Sabu didapat dari seorang narapidana di wilayah Surolangun, Jambi, berinisial MK. Ini memang dikendalikan sama bandar di lapas dan sudah jaringan," kata Amazon.

Sementara itu, sang kurir mengaku kenal dengan bandar dari rekannya yang baru saja bebas. Kholis mengaku dihubungi langsung oleh sang bandar.

"Saya kenal dari teman yang ada dalam lapas di Jambi. Saya diminta mengantar sabu dan dijanjikan upah besar setelah barang sampai, nggak tahu kalau malah kena tangkap," kata Kholis.


Diakui Kholis, dia sudah lama mengenal MK dari temannya yang saat ini sedang diburu polisi. Bahkan Kholis mengetahui jika MK merupakan narapidana di kasus narkoba.

"Dia dipenjara karena kasus sabu," ujar Kholis.

Atas perbuatannya, Kholis dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) UU Narkotika.
(ras/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed