detikNews
Kamis 14 Februari 2019, 14:45 WIB

Moeldoko Jelaskan Soal Pendemo Terobos Paspampres untuk Ketemu Jokowi

Ray Jordan - detikNews
Moeldoko Jelaskan Soal Pendemo Terobos Paspampres untuk Ketemu Jokowi Moeldoko/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Iring-iringan mobil kepresidenan Joko Widodo (Jokowi) diterobos pengunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjelaskan 'penghadangan' seperti itu sebenarnya lumrah terjadi. Apalagi Jokowi dikenal memang sering berhenti di tengah jalan untuk menyapa masyarakat.

Penerobosan terjadi pada Rabu (13/2) malam, saat Jokowi baru saja meninggalkan Istana Negara, Jakarta. Baru keluar pagar, ratusan pendemo tersebut berdiri dan beberapa orang menerobos iring-iringan mobil yang ditumpangi Jokowi.






"Sebenarnya begini, Presiden itu sering, dikonvoi itu sering turun. Jadi kalau melihat kerumunan massa perlu disalamin perlu diberikan buku. Jadi bukan hal yang istimewa bagi kegiatan Presiden," kata Moeldoko saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Namun, ditegaskan Moeldoko, Presiden perlu pengamanan khusus. Hal ini juga yang dilakukan pada Rabu (13/2) malam.

"Kan begini, Presiden perlu pengamanan, jadi kalau para pengawal Paspampres ini melihat situasi yang itu kurang bagus untuk pengamanan presiden maka ada langkah-langkah. Semalam kan sempat sedikit ada dorong-dorongan oleh aparat yang ingin (mengamankan-red), jangan sampai nanti ada yang ketabarak, keserempet mobil dan seterusnya. Sehingga itu sebuah peristiwa yang biasa, bukan peristiwa yang terlalu serius," kata Moeldoko.






Moeldoko mengatakan, kejadian seperti itu sudah biasa dialami Jokowi. Karena itu, Jokowi menurutnya, menanggapi biasa peristiwa tersebut.

"Ya presiden biasa, kalau menghadapi massa kan biasa, Presiden karena sudah terbiasa menghadapi masyarakat di jalanan, sering pada saat membagi buku itu sangat mepet, nempel ke mobil presiden. Karena saya sering sama beliau, saya sendiri secara pribadi mantan Panglima TNI, cukup khawatir, cuma Presiden happy-happy aja dengan situasi seperti itu. Karena itu menjadi kebiasaan," jelasnya.


Mobilnya 'Dihadang' Massa, Jokowi Sempat Salami Emak-emak:

[Gambas:Video 20detik]


Moeldoko Jelaskan Soal Pendemo Terobos Paspampres untuk Ketemu Jokowi

(jor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com