DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 13:57 WIB

Pengakuan Gerindra Soal Mars Pandu Bangsa Ambil Irama Venceremos Chile

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Pengakuan Gerindra Soal Mars Pandu Bangsa Ambil Irama Venceremos Chile Edhy Prabowo saat HUT Gerindra (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Mars Pandu Bangsa, yang dinyanyikan di acara Gerindra, ramai dibahas di media sosial dan dikaitkan dengan lagu 'Venceremos' asal Chile. Apa kata Gerindra?

Salah satu momen Mars Pandu Bangsa dinyanyikan adalah ketika Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan kader-kadernya merayakan HUT ke-11 Gerindra. "Bergeraklah-bergeraklah. Belalah rakyat yang tertindas," demikian liriknya.



Di media sosial, ramai beredar tudingan bahwa Mars Pandu Bangsa itu sama dengan Venceremos. Seperti dilansir The Guardian, Venceremos (Kita Akan Menang) adalah lagu karya Sergio Ortega untuk kampanye sosialis Salvador Allende untuk menjadi Presiden Chile.

Waketum Gerindra, Edhy Prabowo, tidak menampik bahwa irama Mars Pandu Bangsa diambil dari Venceremos karena iramanya bersemangat. Meski demikian, Edhy menegaskan Gerindra tetap anti-PKI.

"Lagu itu kan kita ambil iramanya dari Venceremos ya. Dan itu kebetulan saja kita lagunya lagu semangat dan lagu yang menurut saya, menurut kami para kader, kita senang, memotivasi kita," kata Edhy di Gedung DPR, Senayan, Rabu (13/2/2019) kemarin.



Edhy mempersilakan publik melihat lagi lirik lagu yang dipermasalahkan, apakah ada yang terkait PKI atau tidak. Dia menegaskan Gerindra tidak mendukung komunisme.

"Kalau anda mau bilang kita PKI, bukan, kami bukan. Kami akan memahami semua ajaran dan kami menghormati semua ajaran tapi kami bukan di situ, kami sangat percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.
(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed