detikNews
Kamis 14 Februari 2019, 09:45 WIB

AHY: Kondisi Bu Ani Yudhoyono Stabil, tapi Ada Up and Down

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
AHY: Kondisi Bu Ani Yudhoyono Stabil, tapi Ada Up and Down Foto: Instagram
FOKUS BERITA: Ani Yudhoyono Wafat
Jakarta - Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono dirawat di Singapura karena kanker darah. Putra sulung SBY dan Ani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan kondisi ibunya saat ini telah stabil.

"Secara umum stabil tetapi tentunya ada up and down pengaruh obat yang keras," ujar AHY, saat dihubungi detikcom, Kamis (14/2/2019).


AHY mengatakan meski stabil, kondisi sang ibu masih tetap mengalami naik turun. Hal itu dikarenakan efek samping obat yang dikonsumsi Ani Yudhoyono.

"(Obat) yang masuk ke dalam tubuh itu kan selalu menimbulkan reaksi. Karena dalam berbagai literatur kita juga tahu selalu ada side effect atau efek samping dari obat. Apalagi obat yang sangat keras. Apalagi dalam jumlah yang cukup banyak," tuturnya.

"Tapi secara umum Bu Ani masih sangat kuat menghadapi, mohon doanya supaya Bu Ani cukup kuat menghadapi," imbuh AHY.

AHY menjelaskan, sang ibu saat ini tengah menjalani sejumlah perawatan. Mulai dari perawatan yang melibatkan oral medication maupun injection.

"Ada beberapa treatment. Treatment khusus ini melibatkan oral medication minum berbagai jenis obat yang tepat untuk bisa melawan kanker darah yang ada di tubuh Bu Ani. Kemudian metode dengan cara injection," ujarnya.


Selain itu, sang ibu juga tengah diobservasi secara ketat dan dari waktu ke waktu. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah perawatan yang dilakukan memiliki pengaruh positif pada kesembuhan Bu Ani.

"Sehingga dapat diketahui apakah obatnya memang sudah yang paling cocok, dosisnya yang paling tepat sehingga progresnya bisa diukur dari waktu ke waktu," kata AHY.




Simak juga video 'Doa Jokowi Untuk Kesembuhan Ani Yudhoyono':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/imk)
FOKUS BERITA: Ani Yudhoyono Wafat
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com