Muchdi PR Pro-Jokowi, Sandi: Parpol Pendukung Jokowi Ada yang Gabung ke Kami

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 13 Feb 2019 11:25 WIB
Cawapres Sandiaga Uno (Dok. BPN Prabowo-Sandiaga)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno tidak mempermasalahkan sikap Waketum Partai Berkarya Muchdi PR mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Sandiaga mengatakan parpol-parpol koalisinya solid.

"Kebebasan berdemokrasi masing-masing pengurus silakan, tapi yang kita lihat bahwa luar biasa soliditas antara Berkarya, Gerindra, PKS, Demokrat, dan PAN. Ini yang menurut saya salah satu karunia juga mereka bersinergi juga dengan para relawan," ujar Sandiaga di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019).


Sandiaga menuturkan berbeda pilihan politik adalah hal yang wajar dalam berdemokrasi. Dia tidak bisa memaksa semua orang mendukung dia dan Prabowo Subianto.

"Memang tidak bisa 100% seperti yang kita lihat juga banyak juga partai pendukung dari Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf yang bergabung sama kita ada juga dan saya tidak ingin membesar-besarkan," katanya.

Sandiaga mengatakan pihaknya tidak ingin terjadi saling sikut. Sebab, kata Sandi, pilpres merupakan ajang untuk mempersatukan.

"Karena menurut saya, ini akan memecah belah, narasi kita adalah narasi yang mempersatukan, kita ingin fokus daripada pilpres ini mempersatukan tidak saling sikut-menyikut," imbuh Sandiaga.


Eks Wagub DKI itu mengatakan dukungan Muchdi kepada Jokowi juga tidak akan mempengaruhi mesin politik pihaknya. Dukungan itu juga tidak akan mempengaruhi visi-misinya bersama Prabowo.

"Tidak akan berpengaruh kepada satu gagasan Indonesia Menang, satu visi Indonesia Adik Makmur, pilar swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, fokus kita untuk menyediakan lapangan pekerjaan menggerakkan ekonomi dan memastikan harga-harga stabil tidak akan berpengaruh," tuturnya.

Muchdi PR sebelumnya hadir dalam agenda deklarasi dukungan 1.000 purnawirawan untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, Minggu (10/2). Dia mengaku punya alasan khusus memilih mendukung Jokowi. Menurut Muchdi, Jokowi sudah berbuat banyak selama hampir 5 tahun memimpin Indonesia.

"Pertama, karena saya melihat Pak Jokowi ini sudah berbuat banyak selama 5 tahun ini. Itu jelas pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat dan rakyat Indonesia sudah jelas kan," kata Muchdi.


Saksikan juga video 'TKN Bantah Ada Sesuatu di Balik Dukungan Muchdi ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/idh)