detikNews
Selasa 12 Februari 2019, 15:08 WIB

Dino Patti Buat Program 'Know Your Caleg' untuk Diaspora Indonesia

Mochamad Zhacky - detikNews
Dino Patti Buat Program Know Your Caleg untuk Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal/Foto: M Zhacky-detikcom
Jakarta - Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) membuat program guna mempermudah pemilih di luar negeri mengenal latar belakang dan memahami visi-misi caleg DPR. Program yang digagas Dino Patti Djalal bersama timnya diberi nama 'Know Your Caleg'.

Dino mengatakan program 'Know Your Caleg' ini digagas karena melihat tingkat partisipasi pemilih luar negeri yang minim pada Pemilu 2014. Dino menyebut partisipasi para pemilih di luar negeri pada 2014 lalu hanya 34% dari total DPT sebanyak 2.038.711 pemilih.

"Kenapa? Satu, banyak diaspora (WNI yang menetap di luar negeri) banyak yang tidak kenal calegnya dan seringkali, banyak yang lupa. Mereka tahu dari segi pilpres tapi caleg mereka kurang mengenal," kata Dino dalam jumpa pers di ruang FPCI, Mayapada Tower 1, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Program 'Know Your Caleg' ini dikhususkan untuk Pileg 2019. Alasannya karena pada Pileg 2019, para pemilih di luar negeri dihadapkan dengan 105 caleg yang masuk ke daerah pemilihan (Dapil) DKI II.






Pada Pemilu 2019 ini jumlah DPT luar negeri berjumlah 2.058.191. Dino menilai para pemilih luar negeri akan sulit untuk menentukan pilihan dengan jumlah 105 caleg. Karena itu, program 'Know Your Caleg' diharapkan bisa membantu para pemilih luar negeri menentukan pilihan.

"Jadi, satu caleg nggak mungkin mengunjungi seluruh komunitas diaspora di luar negeri. Jumlah caleg sangat banyak 105 dari 16 partai dan nggak ada debat," jelasnya.

Mekanismenya, FPCI akan mewawancara seluruh caleg Dapil DKI II tentang visi-misi dan program yang mereka tawarkan untuk para WNI di luar negeri. Hasil wawancara, berikut dengan latar belakang para caleg akan diunggah dalam situs www.calegdiaspora.org yang di-launching pada 1 Maret 2019 ini.

Untuk mensosialisasikan program ini FPCI juga akan meminta bantuan sejumlah pihak seperti influencers.



 Dino Patti Djalal Dino Patti Djalal Foto: M Zhacky-detikcom



"Sebelum 1 Maret yang jelas akan disosialisasikan via WhatsAP, Instagram, melalui influencer. Dan melalui ormas-ormas Diaspora Indonesia di luar begeri. Selebriti Diaspora, Anggun (penyanyi Anggun C Sasmi) siapa tahu mau membantu," ujar Dino.

Dino sendiri merupakan Founder Diaspora Indonesia. Diaspora Indonesia adalah WNI yang menetap di luar negeri.

Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat itu menyebut para caleg yang masuk dalam Dapil DKI II sebagai 'Caleg Diaspora'. Dino berharap dengan sebutan itu para caleg di Dapil DKI II bisa memperjuangkan aspirasi Diaspora Indonesia.

"Ini akan meningkatkan kualitas demokrasi sekaligus mereformasi sistem pemilu agar lebih responsif bagi kepentingan diaspora," terang Dino.


Simak Juga 'Duh! Ada Caleg DPR Tidak Mau Dibuka Profilnya oleh KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com