detikNews
Selasa 12 Februari 2019, 14:21 WIB

Kaka Slank Nilai Banyak Pasal di RUU Permusikan Tidak Menguntungkan

Yulida Medistiara - detikNews
Kaka Slank Nilai Banyak Pasal di RUU Permusikan Tidak Menguntungkan Kaka Slank (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Vokalis Slank, Akhadi Wira Satriaji atau akrab disapa Kaka Slank, mengatakan banyak pasal dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang tidak menguntungkan. Kaka meminta pasal-pasal itu dihapus.

"Ya dirancangnya itu memang banyak pasal yang nggak menguntungkan, dihapus aja sih," kata Kaka di D Lab, Jl Riau, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).


Salah satunya, kata Kaka, Pasal 19 yang mengatur konser musisi internasional turut didampingi musisi lokal yang sudah tersertifikasi dalam uji kompetensi. Kaka menilai tidak perlua ada aturan seperti itu.

"Salah satunya pasal sertifikasi, ada syarat-syarat band luar manggung harus band Indonesia yang opening-nya, nggak mesti juga begitu. Ada beberapa poin-poin hapus aja, kalau memang nanti akan jadi undang-undang banyak yang harus dihapus," ujarnya.

Kaka mengaku nanti malam akan berbicara langsung pada Anang Hermansyah, yang merupakan anggota DPR Komisi X. Kaka akan menanyakan Anang terkait proses pembuatan RUU Permusikan.

"Mau ketemu gua entar malem. Mau silaturahmi. Ya paling gini aja lebih nanya ke dia ini 'lu bikin ini waktu itu ketemunya siapa saja?" kata Kaka.


Menurut Kaka, yang mesti dimasukkan ke RUU tersebut adalah penegakan hukum terkait pembajakan. Karena RUU itu masih berupa rancangan, soal itu bisa dimasukkan.

"Karena sebetulnya UU itu sudah ada, UU hak cipta segala macam, sebetulnya kita yang perlukan saat ini adalah kekuatan di law enforcement, secara yang sangat berpengaruh terhadap income seniman itu kan pembajakan kan. Jadi law enforcement harus keras. Kalau UU-nya sebenernya sudah ada, tapi kalau ada penambahan di RUU kemarin itu sih tambahin aja," ucap Kaka.


Saksikan juga video 'Anang Mundur dari Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Musik':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com