Singgung Sampah Plastik, Kaka Slank Sampaikan 'Surat Laut' untuk Capres

Singgung Sampah Plastik, Kaka Slank Sampaikan 'Surat Laut' untuk Capres

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 12 Feb 2019 13:58 WIB
Kaka Slank kirim Surat Laut untuk capres. (Yulida/detikcom)
Kaka Slank kirim Surat Laut untuk capres. (Yulida/detikcom)
Jakarta - Aktivis komunitas Pandu Laut Nusantara, Akhadi Wira Satriaji alias Kaka Slank, menyampaikan usulan program terkait isu-isu kelautan kepada kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Usulan itu salah satunya mengenai sampah plastik.

"Dari awal, Pandu Laut sudah ada sejak tahun lalu, tapi karena ini isunya dekat pilpres kan. Jadi Pandu Laut itu mikirnya what can we do. Akhirnya kita buka acara diskusi ini, kita panggil dua tim pemenangan ini kita ajak diskusi dan kita kasih masukan. Salah satunya tentang sampah plastik," kata Kaka di D Lab, Jl Riau, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Kaka Slank berharap penyampaian usul ini bisa digunakan para paslon capres untuk menyusun program. Agar capres terpilih bisa mempertimbangkan usulan program dari masyarakat.


"Untuk memberikan input kepada yang dalam hal ini dari TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan mudah-mudahan kalau istilah anak saya mudah-mudahan ini jadi insight paling enggak nanti next debate isu laut bisa diangkat. Karena ini, suara laut hari ini dan suara rakyat hari ini kalau saya rasa cukup tulus dan insyaallah mewakili," kata Kaka.

Dalam acara tersebut, Kaka menyerahkan surat yang berisi usul dari komunitas dan aktivis pencinta laut lewat perwakilan tim pemenangan capres. Surat itu dititipkan ke kubu Jokowi melalui Influencer TKN Jokowi-Ma'ruf, Roosdinal Salim, yang hadir di acara. Sementara itu, kubu Prabowo-Sandi akan dititipkan melalui Jubir BPN Prabowo-Sandi, Viva Yoga, yang tidak hadir.

Singgung Sampah Plastik, Kaka Slank Sampaikan 'Surat Laut' untuk CapresFoto:
Kaka Slank kirim surat laut untuk capres.
(Yulida/detikcom)

Roosdinal mengatakan usulan-usulan tersebut akan disampaikan ke Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, dalam rapat yang akan datang. Roosdinal lalu membacakan 11 usulan dari aktivis laut itu.

"Jadi saya pastikan ini akan saya sampaikan ke ketua tim pemenangan TKN Jokowi Maruf Amin, Pak Erick Thohir, untuk nanti disampaikan langsung ke Pak Presiden, insyaallah tanggal 14 akan rapat untuk debat nanti akan saya sampaikan karena masukan ini sangat penting," kata Roosdinal.


Berikut ini Surat Laut untuk calon Presiden

1. Memastikan pengelolaan laut yang berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung dukungan termasuk penggunaan penggunaan plastik dan pelarangan plastik sekali pakai.

2. Menjamin hak nelayan kecil untuk mencari ikan dan secara berkelanjutan.

3. Menghentikan segala bentuk kegiatan illegal di laut termasuk penangkapan ikan illegal dan prilaku merusak ekosistem laut Indonesia.

4. Memperhatikan kerentanan pulau pulau kecil Indonesia dari dampak perubahan iklim.

5. Memastikan kementerian dan lembaganya yang mengurus laut di Indonesia dipimpin individu yang profesional tidak memiliki kepentingan politik.

6. Memprioritaskan pemberdayaan sumber daya manusia di bidang kemaritiman.

7. Memperhatikan kesetaraan hak hak perempuan nelayan dalam memperoleh fasilitas perlindungan nelayan.

8. Membangun konektivitas yang dapat mendukung ekonomi kelautan.

9. Membuat program-program kelautan yang lebih terukur untuk memudahkan pengawasan masyarakat.

10. Perampingan birokrasi.

11. Penguatan pemahaman kemaritiman di masyarakat agar masyarakat dapat menjadi penyangga laut.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(yld/elz)