DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 12:50 WIB

AJI Makassar Apresiasi Jokowi atas Pencabutan Remisi Pembunuh Wartawan

Reinhard Soplantila - detikNews
AJI Makassar Apresiasi Jokowi atas Pencabutan Remisi Pembunuh Wartawan Aksi penolakan remisi Susrama di Jakarta. Foto: Grandyos Zafna
Makassar - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mencabut remisi I Nyoman Susrama, pembunuh wartawan Radar Bali AA Gede Bagus Narendra Prabangsa. AJI Makassar menyebut hal ini seharusnya dilakukan sejak awal oleh Jokowi.

"AJI secara organisasi perkumpulan jurnalis se-Indonesia, mengapresiasi pencabutan remisi (pemotongan masa tahanan narapidana) atas nama Susrama, pelaku pembunuhan jurnalis, Prabangsa, oleh Presiden RI, Joko Widodo. Sejak awal, harusnya pemberian remisi ini, tidak boleh terjadi bagi pembunuh jurnalis," sebut Ketua AJI Makassar Qodriansyah Agam Sofyan, pada Senin (11/2/2019).



AJI Makassar, memperhatikan beberapa aspek dalam kasus ini. Selain perbuatan pelaku yang dinilai sangat kejam yakni membunuh korban dengan sengaja lantaran tak terima dengan pemberitaan terkait korupsi di Bangli, AJI Makassar juga melihat aspek keadilan bagi keluarga korban yang ditinggalkan.

Jika pemberian remisi terhadap pelaku kasus pembunuhan jurnalis tersebut tidak dicabut, maka hal ini dianggap dapat membungkam kebebasan pers.

"Mengapa? Karena AJI melihat rasa keadilan bagi keluarga korban pembunuhan, rasa keadilan bagi jurnalis yang terbunuh akibat pemberitaan yang ditulis korban terkait korupsi di Bangli, Bali," sebut Agam.

Agam menegaskan, pencabutan remisi terhadap I Nyoman Susrama tersebut akan membuat pelaku kekerasan jurnalis berpikir kembali dan melindungi wartawan dalam melakukan tugasnya dalam peliputan.

"Pencabutan remisi ini AJI menilai para pelaku kekerasan jurnalis akan berpikir ulang untuk melakukan kekerasan, sebab pemerintah Indonesia ternyata masih peduli dengan tugas jurnalis," tegasnya.


Simak Juga 'Jokowi Cabut Remisi Pembunuh Wartawan Bali demi Keadilan Semata':

[Gambas:Video 20detik]



(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed