DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 11:05 WIB

Pelopor Esemka Dukung Jokowi, BPN Prabowo: Mimpi Periode Kedua Terwujud

Tsarina Maharani - detikNews
Pelopor Esemka Dukung Jokowi, BPN Prabowo: Mimpi Periode Kedua Terwujud Foto: Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade (Zhacky-detik)
Jakarta - Penggagas mobil Esemka, Sukiyat, menyatakan dukungan untuk capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut Sukiyat masih bermimpi Esemka bisa diwujudkan Jokowi.

"Tentu Pak Sukiyat mau nggak mau mendukung Jokowi. Siapa tahu Pak Jokowi menang di periode kedua, mobil Esemka yang dalam dunia mimpi nih, nanti bisa terwujud," kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade kepada wartawan, Senin (11/2/2019).

Andre menyebut hingga kini mobil Esemka masih ada di 'negeri dongeng'. Ia heran dengan janji Jokowi yang sempat menyatakan mobil Esemka akan segera diproduksi massal.




"Mungkin Pak Sukiyat masih bermimpi Pak Jokowi bisa mewujudkan mobil Esemka yang sekarang masih ada di negeri dongeng, masih tertunda. Padahal dulu bilangnya sudah ada pesanan sekian ratus unit dan mau diproduksi massal, tapi kan wujudnya belum ada," tuturnya.

Karena itu, Andre menilai tak ada yang istimewa dari dukungan Sukiyat ke Jokowi. Alasannya, keduanya memang berkolaborasi dalam proyek mobil Esemka.

"Ya, wajar Pak Sukiyat mendukung Jokowi. Karena kan mereka berdua sudah punya hubungan sejak lama karena mengurus Esemka. Jadi tidak ada yang istimewa sih," ujar Andre.




Diberitakan, penggagas mobil Esemka, Sukiyat mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Sebagai bentuk dukungan, Sukiyat mengubah kantornya menjadi Posko Pemenangan Kiat Sukses Klaten.

Sukiyat mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai wujud kecintaannya kepada Jokowi. Dia pun mengaku tak berharap balasan apapun dari Jokowi.

"Saya tidak pernah mikir apa yang akan saya dapat. Yang penting inilah yang saya berikan untuk bangsa dan negara," kata Sukiyat di kantor PT Kiat Mahesa Winton Indonesia, Jalan Solo-Yogyakarta, Kecamatan Ceper, Klaten, Minggu (10/2).


Saksikan juga video 'Soal Esemka, Jokowi akan Dorong agar Industri Berkembang':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed