DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 06:14 WIB

Kalemdiklat Ingatkan Pentingnya Peran Bintara

Audrey Santoso - detikNews
Kalemdiklat Ingatkan Pentingnya Peran Bintara Foto: Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto (dok. Instimewa).
Jakarta - Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan kualitas bintara mempengaruhi citra Polri karena bintaralah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehari-hari. Arief menuturkan jumlah bintara mencapai 80 persen dari seluruh jumlah anggota Polri.

"Dari 340 ribu polisi itu yang jenderal polisi hanya sekitar 252 orang, perwira menengah ada 10 ribu, dan perwira pertama ada sekitar 20 ribu. Ribuan bintaralah yang akan melayani dan bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (10/2/2019).

Hal itu dikatakan Arief di depan siswa calon bintara di Pusat Pendidikan Pembinaan Masyarakat (Pusdik Binmas), Banyu Biru, Ungaran, Semarang.

Arief menuturkan kualitas bintara juga tergantung tenaga pendidiknya. Jika bintara tak dididik dengan baik maka akan membahayakan institusi dan masyarakat.

"Sehingga kalau kita yang berdinas sebagai tenaga pendidik, termasuk Kalemdiklat, tidak mendidik bintara dengan baik maka kita membahayakan masa depan polisi, akan membahayakan masyarakat. Saya juga berharap para siswa calon bintara belajar dengan dengan baik. Setelah lulus kalian membawa nama akademi polisi Banyu Biru. Tugas berat menunggu kalian, baik dan buruk polisi juga tergantung kalian," terang dia.

Arief kemudian menekankan tugas pendidik para bintara merupakan tugas mulia. Jika bintara, dari mulai perekrutan hingga kelulusan, dididik dengan buruk maka mereka akan menjadi polisi yang buruk di tengah masyarakat.

"Saya ingat, membentuk SDM itu, jika garbage in maka garbage out. Jika sumbernya jelek ya hasilnya jelek," tegasnya.
(aud/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed