ADVERTISEMENT

Kunjungi Brebes, Sandiaga akan Cek Jalan Tol dan Rest Area

Guruh Nuary - detikNews
Minggu, 10 Feb 2019 11:17 WIB
Foto: Sandiaga Uno (Dok. ANTARA FOTO/Siswowidodo)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno sore ini akan bertolak ke Brebes, Jawa Tengah. Kunjungannya itu sekaligus dalam rangka mengecek jalan tol Jakarta-Brebes.

"Saya rencananya mau ke Brebes, saya pengen lihat sendiri lewat jalur jalan tol," ujar Sandiaga di Jalan Jenggala, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (10/2/2019).


Sandiaga mengaku mendapat keluhan dari masyarakat mengenai tarif jalan tol yang mahal. Akibatnya, masyarakat kembali memilih jalur non tol.

"Ada masukan dari beberapa rekan-rekan yang menyatakan bahwa jalan tol karena biayanya tinggi mulai kembali lagi menggunakan Jalan Pantura. Dulu waktu kami me-launch Jalan Cipali itu salah satu kesulitan adalah mengajak para pengemudi truk khususnya di kendaraan pada umumnya menggunakan jalan tol karena memang jalan tol akan meningkatkan efisiensi dari segi bahan bakarnya akan turun, waktunya dan juga kita lihat efisiensi dari ekonomi akan tinggi," tuturnya.

"Tapi kalau mereka sekarang berbalik lagi menggunakan jalan non tol itu kita khawatir 2 hal. 1 Adalah kerusakan di jalan-jalan non tol seperti saya alami antara Rembang sampai Semarang. Kedua menurunnya tingkat ekonomis dari jalan tol itu sendiri untuk me-optimalkan dari efisiensi ekonomi kita," sambung Sandiaga.


Eks Wagub DKI Jakarta itu rencananya juga akan mengecek rest area sepanjang jalur tol. Sebab, selain tarif yang mahal, sepinya rest area juga menjadi keluhan.

"Saya rencananya mau lewat singgah dibeberapa rest area karena juga salah satu keluhannya jalan tol itu mematikan UMKM sepanjang jalan non tol. Kami waktu di Cipali memberikan kesempatan kepada UMKM untuk show case salah satunya batik trusmi Cirebon. Itu semenjak ada jalan tol justru mendapatkan peningkatan lebih dari 50 persen omsetnya penjualannya," katanya.

"Itu yang kita harapkan bisa juga dirasakan dengan hadirnya jalan tol transjawa. Saya melihatnya justru dari sisi positifnya, ini topik debat infrastruktur buat hari minggu depan. Ini bagian masukan yang akan saya berikan ke Pak Prabowo," imbuh Sandiaga.

Selain mengecek jalan tol dan rest area, Sandiaga rencananya juga akan menyapa warga Brebes. Selain itu, Sandiaga juga akan bersilaturahmi dengan Kiai Basalamah dan Kiai di Brebes.


Simak Juga 'Persiapan Debat Kedua, Sandi Berperan Jadi Jokowi Lawan Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT