Cerita Jaksa Tiga Hari Tangkap Koruptor Rp 119 M dan Rp 39 M

Andi Saputra - detikNews
Sabtu, 09 Feb 2019 11:20 WIB
Koruptor Rp 119 miliar ditangkap. (istimewa)
Denpasar - Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap koruptor kakap dalam tiga hari terakhir. Sugiarto Wiharjo alias Alay, yang terlibat korupsi Rp 119 miliar, ditangkap di Bali, sedangkan Anis ditangkap di Kemanggisan, Jakarta Barat.

Alay, saat menjadi Komisaris Utama BPR Tripanca Setyadana Lampung, membobol kas hingga Rp 119 miliar. Uang itu merupakan tabungan APBD Lampung Timur dan Lampung Tengah.


Akibat perbuatannya, Alay merugikan kas APBD hingga Rp 119 miliar. Berdasarkan putusan MA Nomor 510/K/PID.SUS/2014 tertanggal 21 Mei 2014, Alay dijatuhi vonis 18 tahun penjara. Dalam proses hukum itu, Alay kabur.

Setelah 4 tahun lebih menghilang, jaksa mengendus Alay di sebuah tempat makan di sebuah hotel di Tanjung Benoa, Bali. Akhirnya, Alay ditangkap jaksa pada Rabu (6/2/2019) siang. Alay, yang mengenakan celana pendek, terlihat tenang dan sempat menepuk bahu eksekutor ketika dijelaskan maksud kedatangan jaksa eksekutor.


Akhirnya Alay diterbangkan ke Lampung dan dijebloskan ke Lapas Lampung pada Jumat (8/2) siang. Dengan tangan diborgol serta dikawal polisi berseragam dan berlaras panjang, Alay tertunduk saat dijebloskan ke bui.

Di hari yang sama, jaksa juga menangkap koruptor kakap lainnya, Anis Alwainy. Anis ditangkap karena terbukti terlibat korupsi Rp 39,7 miliar terkait lahan PJKA di Kemanggisan, Jakarta Barat.

Cerita Jaksa Tiga Hari Tangkap Koruptor Rp 119 M dan Rp 39 MAnis Alwainy, terpidana korupsi lahan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). (Arief/detikcom)

Anis divonis penjara 7 tahun dan denda Rp 500 juta serta membayar uang pengganti Rp 39,7 miliar. Putusan tersebut teregister dengan nomor 1704 K/Pid.Sus/2016.

Kasus Anis menjerat pihak lainnya, yakni Lukman Hakim Kartasasmita, selaku Kepala Kantor Pertanahan Kotamadya Jakarta Barat, dan Robet Jeffrey Lumempouw selaku Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi DKI Jakarta, serta lima pegawai BPN lainnya.



Simak juga video Video WN Inggris Penampar Staf Imigrasi Pukul Jaksa:

[Gambas:Video 20detik]

(asp/aan)