Vanessa Angel Diborgol, Koruptor Rp 119 Miliar Melenggang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Feb 2019 13:25 WIB
Vanessa Angel diborgol dan memakai baju tahanan (ist.)
Denpasar - Tersangka kasus prostitusi online, Vanessa Angel diborgol tim penyidik Polda Jatim. Di sisi lain, jaksa tidak memborgol buronan bertahun-tahun, Sugiarto Wiharjo alias Alay, terpidana korupsi Rp 119 miliar.

Vanessa Angel tampak diborgol saat keluar dari Gedung Ditreskrimsus dengan didampingi penyidik menuju ruang pemeriksaan yang jaraknya sekitar 200 meter pada Kamis (7/2) kemarin.


Vanessa keluar mengenakan baju tahanan dengan tangan diborgol dan mengenakan masker. Namun, dia menyembunyikan kedua tangannya yang diborgol dengan ditutupi lipatan baju tahanan.

Bagaimana dengan Alay? Alay terlihat tenang ketika dihampiri tim dari kejaksaan dan KPK di saung restoran Hotel Novotel, Tanjung Benoa, Bali, Rabu (6/2). Alay yang mengenakan celana pendek itu terlihat tenang dan sempat menepuk bahu eksekutor ketika dijelaskan maksud kedatangan jaksa eksekutor.


Ketika tiba di kantor Kejati Bali, Jl Tantular, Renon, Denpasar, Bali, tak terlihat borgol membelenggu tangan Alay. Dia hanya diapit sejumlah tim dari kejaksaan yang membawanya ke lantai dua Kejati Bali.

Hal yang sama juga terlihat ketika Komisaris Utama sekaligus pemilik BPR Tripanca Setiadana itu dijemput tim Kejati Lampung. Masih mengenakan celana pendek dan kaos hitam, tim jaksa hanya memegangi dan mengelilingi Alay.

Tak terlihat borgol yang membelenggu kedua tangannya itu. Dengan tenang, Alay melenggang.

Vanessa Angel Diborgol, Koruptor Rp 119 Miliar MelenggangTerpidana korupsi Sugiarto Wiharjo alias Alay (Dita-detikcom)

Padahal butuh waktu empat tahun untuk memburu koruptor duit APBD Lampung Timur dan Lampung Tengah itu, apa alasan jaksa?

"Dia menunjukkan sikap yang kooperatif dan menghormati apa yang dilakukan aparat penegak hukum dengan pertimbangan itu makanya dirasa tidak perlu diborgol," kata Kasi Penkum Kejati Bali Edwin Beslar lewat pesan singkat, Jumat (8/2/2019).

Soal borgol, KPK menerapkan kebijakan baru awal 2019. Yaitu setiap tersangka yang diperiksa di KPK diborgol kedua tangannya. Jauh sebelumnya, M Nazaruddin diborgol ketat kedua tangannya setelah kabur ke Kolombia.

Bagaimana dengan kejahatan umum? Kerap didapati para tersangka pencurian, begal hingga pembunuhan juga diborgol.

Bila Vanessa saja diborgol, mengapa koruptor Rp 119 miliar malah bebas melenggang?


Simak Juga 'Seperti Ini Penampilan Vanessa Angel Memakai Baju Tahanan':

[Gambas:Video 20detik]

(asp/rvk)