DetikNews
Jumat 08 Februari 2019, 11:47 WIB

Pengusaha yang Modif Truk Jadi Over Load Didenda Rp 12 Juta

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pengusaha yang Modif Truk Jadi Over Load Didenda Rp 12 Juta Foto: Truk yang dimodifikasi (Chaidir-detik)
Pekanbaru - Kasus modifikasi kendaraan truk menjadi Over Dimensi dan Over Load (ODOL) diseret ranah hukum. Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru memvonis hukuman denda terhadap dua pengusaha truk Rp 12 juta.

Kedua pengusaha tersebut adalah, Idwandi alias Acua dan Edi Lee, pengusaha yang bergerak bidang usaha truk. Sidang ini digelar di PN Pekanbaru pada Kamis (7/2) malam pukul 21.00 WIB.



Ketua majelis hakim, Sorta Ria Neva. Kedua pengusaha tersebut secara sah melanggar pasal 227, pasal 50 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Dan pasal 55 ayat (1) ke 1e KUH Pidana.

"Menghukum kedua terdakwa masing-masing denda Rp 12 juta. Jika tidak dibayar, kedua terdakwa dapat menggantinya dengan hukuman badan selama 2 bulan," kata Sorta.



Atas vonis tersebut, antara terdakwa dengan JPU sama-sama dapat menerima.

Sebagaimana diketahui, kasus ini bermula ketika Kemenhub melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Riau-Kepri menggelar operasi di Riau. BPTD Riau mengamankan dua truk yang melakukan modifikasi dengan cara menyambung sumbu truk.

Perbuatan ODOL ini lantas ditindak lanjuti. Kasus ini pun akhirnya dibawa ke pengadilan. Truk yang sudah dimodif ini dijadikan angkutan kayu.
(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed