Siapa Genderuwo yang Dimaksud Prabowo? Jubir: Sosok Gaib di RI

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 08 Feb 2019 07:31 WIB
Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Prabowo merasa Republik ini dimiliki oleh genderuwo. Hantu itu mempersulit Prabowo memperoleh kredit usaha namun memudahkan pihak lainnya untuk mendapat layanan pinjaman dana. Siapa sosok genderuwo yang dimaksud Prabowo?

"Yang jelas di Indonesia ini banyak yang gaib. Genderuwo ini kan makhluk gaib," kata Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, kepada wartawan, Jumat (8/2/2019).


Sosok gaib di Indonesia itulah yang menyebabkan Prabowo kesulitan menjalankan bisnisnya. Genderuwo misterius itu bekerja dengan cara-cara yang tidak logis. Soalnya, perusahaan Prabowo dinilainya adalah perusahaan yang jelas namun tetap saja tidak bisa mengakses kredit. Kesulitan yang dihadapi Prabowo ini dinilainya sebagai buah dari pertimbangan tidak logis dari genderuwo.

"Itulah yang dimaksud Pak Prabowo sebagai genderuwo," kata Andre.

Dia juga menilai, banyak hal tak logis di ranah penegakan hukum. Orang-orang dari kubu Prabowo dilihatnya sangat cepat diproses hukum. Sebaliknya, orang-orang dari kubu Joko Widodo (Jokowi) dirasanya tidak cepat diproses oleh aparat setelah dilaporkan karena diduga melanggar hukum. Meski begitu, Andre tak menyebut dengan spesifik sosok genderuwo itu.

"Biarkan masyarakat yang menilai. Pak Prabowo ingin menjelaskan lewat istilah itu, bahwa ada yang salah di negeri ini, banyak yang gaib," ujarnya.


Genderuwo adalah sosok yang menakutkana. Namun Andre yakin apa yang disampaikan Prabowo tidak menimbulkan ketakutan. Justru Prabowo membangunkan kesadaran akan adanya sosok yang perlu dilawan, caranya adalah datang ke tempat pemungutan suara dan menyalurkan pilihan politik.

"Sehingga hal-hal yang gaib seperti genderuwo bisa hilang di negara kita, supaya semuanya menjadi rasional dan logis," ujarnya.


Prabowo menggunakan istilah genderuwo saat bercerita saat dirinya kesulitan menjalankan bisnisnya, yakni sulit mendapat pinjaman di bank. Ini yang menyebabkan biaya politiknya dihemat. Di sisi lain, Prabowo merasa ada sebagian orang yang bisa diberi kredit terus-menerus secara mudah.

"Ini negara punya siapa? Punya genderuwo katanya ini. Punya genderuwo," kata Prabowo di Hall Sport Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (6/2/2019) kemarin.

(dnu/fai)