5 Fakta Fadli Zon yang Bikin Puisi 'Doa yang Ditukar'

Niken Widya Yunita - detikNews
Kamis, 07 Feb 2019 16:52 WIB
5 Fakta Fadli Zon yang Bikin Puisi 'Doa yang Ditukar'/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Fadli Zon bikin puisi bertajuk 'Doa yang Ditukar'. Ada beberapa fakta tentang Fadli.

Fadli lahir pada 1 Juni 1971. Dia menikah dengan Katharine Grace dan kini dikaruniai dua anak, Shafa Sabila Fadli dan Zara Saladina Fadli.

Berikut fakta Fadli Zon.

1. Ikut Mendirikan Gerindra

Pria ini ikut mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dia kini menjabat sebagai Wakil Ketua Gerindra.



2. Pendidikan

Fadli muda belajar selama dua tahun di SMA Negeri 31, Jakarta Timur. Kemudian dia mendapat beasiswa dari AFS (American Field Service) ke San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Setelah itu dia melanjutkan studinya di program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Semasa kuliah, Fadli pernah menjadi Ketua Biro Pendidikan Senat Mahasiswa FSUI (1992-1993), Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI (1993), Ketua Komisi Hubungan Luar Senat Mahasiswa UI (1993-1994). Dia juga aktif dalam kehidupan politik kampus. Selain itu, Fadli juga bergabung dengan Teater Sastra UI.

Kemudian Fadli melanjutkan Master of Science (M.Sc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris.

3. Wartawan

Selama menjadi mahasiswa, Fadli Zon pernah bekerja sebagai seorang wartawan. Dia menjadi wartawan pada tabloid IQRA dan Majalah Suara Hidayatullah dari 1990-1991.

4. Wakil Ketua DPR

Fadli diangkat sebagai wakil ketua DPR pada 2 Oktober 2014. Pemilihan ketua dan 5 wakil ketua DPR sendiri dilakukan pascapelantikan dan sumpah jabatan 555 Anggota DPR periode 2014-2019 di ruang paripurna Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.


5. Budayawan

Fadli Zon diketahui sebagai seorang budayawan. Dia mengoleksi ribuan buku kuno dan langka yang disimpan di perpustakaannya yang ia namakan Fadli Zon Library di Jakarta Pusat. Ia juga banyak mengoleksi keris.

Fadli kini kerap menjadi salah satu narasumber atau pembicara dalam berbagai acara, seminar, ataupun talkshow baik di radio maupun televisi, salah satunya Indonesia Lawyer Club (ILC).

Fadli juga suka menulis puisi. Terbaru, dia mengeluarkan puisi berjudul 'Doa yang Ditukar' pada Minggu (3/2/2019). Puisi itu mengisahkan tentang agama yang diobral dan penguasa tengik.

Berikut bunyi puisi Fadli Zon:

DOA YANG DITUKAR

doa sakral
seenaknya kau begal
disulam tambal
tak punya moral
agama diobral

doa sakral
kenapa kau tukar
direvisi sang bandar
dibisiki kacung makelar
skenario berantakan bubar
pertunjukan dagelan vulgar

doa yang ditukar
bukan doa otentik
produk rezim intrik
penuh cara-cara licik
kau penguasa tengik

Ya Allah
dengarlah doa-doa kami
dari hati pasrah berserah
memohon pertolonganMu
kuatkanlah para pejuang istiqomah
di jalan amanah

Nah, Fadli dinilai menghina ulama setelah membuat puisi 'Doa yang Ditukar' buntut Kiai Maimun Zubair (Mbah Moen) salah ucap saat berdoa. Namun Fadli menegaskan menghormati ulama karismatik itu.

Untuk menegaskan hubungannya yang baik, Fadli mem-posting foto bersama Mbah Moen di akun Twitter-nya. Tampak Fadli memakai peci hitam dan Mbah Moen tersenyum ke arah kamera ketika selfie bareng.



Saksikan juga video 'Jokowi Ofensif, Fadli Zon: Dia Mulai Putus Asa':

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/van)