DetikNews
Kamis 07 Februari 2019, 13:24 WIB

Pemerintah Buka Pendaftaran Fase Pertama P3K untuk Honorer Besok

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Pemerintah Buka Pendaftaran Fase Pertama P3K untuk Honorer Besok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin (Noval/detikcom)
Jakarta - Pemerintah akan membuka pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) untuk 150 ribu formasi dalam dua fase. Fase pertama akan mulai dibuka pada Jumat besok, yang dikhususkan untuk para tenaga honorer.

"Besok sudah buka pendaftaran (fase pertama)," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Penerimaan P3K pada fase pertama ini dikhususkan untuk para tenaga honorer yang terdiri atas guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, serta tenaga-tenaga fungsi teknis lain yang karena umur tidak bisa mengikuti tes CPNS.



"Karena P3K tidak membatasi umur, sehingga ruangnya di situ," ujar Syafruddin.

Syafruddin menjelaskan, Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014 menyatakan aparat sipil negara terdiri atas PNS dan P3K. P3K akan dievaluasi per tahun.



"Jadi jangan kita terpengaruh dengan kata-kata perjanjian kerja. Karena PNS juga ada evaluasinya, perjanjian kerja itu maknanya evaluasi. Di P3K ada evaluasi per tahun, itu yang dimaksud dengan perjanjian kerja. Di PNS juga ada evaluasi per tahun, jadi sama saja sebenarnya, tidak begitu jauh bedanya," jelasnya.

Fase kedua penerimaan P3K akan dilakukan sekitar April 2019.
(nvl/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed