DetikNews
Rabu 06 Februari 2019, 17:07 WIB

Sempat Tertutup Longsor, Jalan Lahat-Pagar Alam Besok Bisa Dilalui

Raja Adil Siregar - detikNews
Sempat Tertutup Longsor, Jalan Lahat-Pagar Alam Besok Bisa Dilalui Foto: Dok. Polres Lahat
Palembang - Ruas jalan nasional Pagar Alam-Lahat putus total akibat longsor diguyur hujan deras. Jalan penghubung itu ditargetkan dapat dilalui besok.

"Sejak kerusakan kemarin itu, langsung diperbaiki. Jalan ditargetkan bisa dilalui besok siang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Sumsel Budi saat ditemui detikcom di kantor Dinas PUMB Palembang, Rabu (6/2/2019).

Dikatakan Budi, perbaikan dilakukan di sisi kanan dan kiri jalan yang longsor, yang berada di Desa Jati, Pulau Pinang, Lahat. Tidak hanya itu, perbaikan dan pemadatan juga dilakukan di sisi jalan yang putus.

"Untuk sisi tengah sudah dipadatkan, di tengah itu sekarang sedang pengerjaan penimbunan tanah dan batu, sudah ada pemasangan box colvert juga 11 unit," katanya.

Pemasangan box colvert berfungsi mengalirkan air yang selama ini tersumbat dan menjadi penyebab jalan longsor.

"Mungkin sedikit ada kendala hujan. Tapi kalau sudah padat, jalannya bisa langsung diaspal. Selama perbaikan kita juga sudah buat jalan alternatif dan bisa dilalui," kata Budi.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Pagar Alam-Lahat, Sabtu (2/2). Akibatnya, hujan deras tersebut membuat gorong-gorong jalan menjadi pecah hingga membuat air meresap dan menyebabkan jalan menjadi longsor.

Jalan longsor diperkirakan mencapai 15 meter untuk kedalamannya. Sedangkan luas jalan longsor mencapai 30 meter dan sama sekali tidak dapat dilintasi kendaraan.
(ras/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed