Anisha Dasuki Ingin Jokowi-Prabowo Tampil Luwes di Debat Capres

ADVERTISEMENT

Anisha Dasuki Ingin Jokowi-Prabowo Tampil Luwes di Debat Capres

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 06 Feb 2019 16:48 WIB
Ketua KPU Arief Budiman (berbatik) memberikan keterangan pers bersama moderator debat capres Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki, Rabu (6/2/2019) Foto: Dok. KPU
Jakarta - Moderator debat capres kedua, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ingin Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto tampil luwes di panggung debat, Minggu (17/2). Anisha memastikan, moderator akan mengendalikan alur debat agar kedua capres sama-sama menunjukkan performa terbaik.

"Jadi nanti ada waktu yang cukup panjang ya, kontrol waktu di kami. Kami harus memastikan salah satu (calon) tidak ada yang terlalu mendominasi dibanding yang lain. Pokoknya kita mau ini berjalan lebih cair, lebih berisi lagi dan mengedukasi," ujar Anisha Dasuki usai mengikuti rapat persiapan debat capres kedua di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).





Sementara itu, Tommy Tjokro berharap segmen keempat yang formatnya disepakati diubah, membuat kedua capres, Jokowi dan Prabowo menunjukkan kemampuannya.

"Kami harapkan bisa membuat kedua capres tampil lebih cair dan debat lebih berisi ya, dan tentu tanpa timer yang ditunjukkan (ke calon). Jadi kontrol di tangan kami berdua yang nanti menentukan agar keduanya memiliki waktu dan kesempatan yang sama," ujar Tommy.





Ketua KPU Arief Budiman sebelumnya menjelaskan diubahnya format segmen keempat dalam debat capres kedua. KPU menyisipkan film pendek yang menjadi bahan debat kedua calon.

"Nanti kita akan putar film tema yang sedang terjadi. Jadi nanti ada infrastruktur, energi, pangan, SDA, lingkungan, ktia ambil satu film acak. Masing-masing pihak (capres) dikasih waktu untuk menanggapi, kemudian saling menanggapi respon yang sudah diberikan," ujar Arief.

Film pendek yang diputar berdurasi sekitar 30 detik. KPU menyiapkan 4 video untuk dipilih satu lewat moderator sesuai dengan tema debat yakni energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan dan sumber daya alam


Saksikan juga video 'Gagasan Jokowi Vs Prabowo Meredam Diskriminasi dan Persekusi':

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT