Prabowo: Saya Nervous Kalau Nggak Baca Buku

Prabowo: Saya Nervous Kalau Nggak Baca Buku

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 06 Feb 2019 16:00 WIB
Foto: Prabowo Subianto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Foto: Prabowo Subianto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Capres Prabowo Subianto gemar membaca buku. Dia mengaku merasa gugup atau nervous jika tak membaca buku.

"Saya hobi baca. Kalau saya nggak baca buku saya nervous," ujar Prabowo saat berbincang dengan wartawan, di kediamannya, di Padepokan Garudayaksa, Bojongkoneng, Hambalang, Rabu dinihari (6/2/2019).

Capres nomor urut 01 itu mengaku gemar membaca sejak kecil. Baginya, membaca buku dapat menambah wawasannya. Buku juga membuatnya bijaksana menghadapi dunia.


Di kediamannya, Prabowo memiliki satu ruangan yang dia gunakan untuk perpustakaan. Beragam buku yang dia dapatkan dan dibeli tersimpan rapi di lemari di dalam perpustakaan.

Tak hanya di perpustakaan, buku-buku juga disimpan Prabowo di dalam ruang kerjanya. Buku 'Jenderal Soedirman', 'Why Nation Fail', 'Team of Rivals (The Political Genius of Abraham Lincoln)', novel-novel seperti 'Sherlock Holmes' hingga Charles Dickens juga memenuhi lemari.

"Yang saya lagi baca 'Team of Rivals'," katanya.

Prabowo: Saya Nervous Kalau Nggak Baca BukuFoto: Marlinda/detikcom

Dalam perbincangan itu, Prabowo juga memiliki kebiasaan membeli buku setiap kali dia singgah ke sebuah tempat. Bahkan, satu koper disiapkannya untuk membawa buku-buku baru itu.

Prabowo kemudian menjelaskan alasannya kerap memborong buku. Hal itu karena dirinya ingin mengejar ketinggalan lantaran saat kecil tak mampu membeli banyak buku.

"Saya sangat gemar baca dan waktu kecil saya nggak pernah punya uang untuk beli buku. Jadi sekarang mungkin agak-agak apa ya, mengejar ketertinggalan. Tapi saya sangat suka membaca. Hobi saya," ujar Prabowo.

(mae/fjp)