Bukan Buang Sial, Ini Makna Anies Lepas Burung Pipit Saat Imlek

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 05 Feb 2019 18:15 WIB
Anies Baswedan di Vihara Dharma Bakti Jakarta Barat Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Saat berkunjung ke Wihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut melepas burung pipit yang dipercaya sebagian orang sebagai tradisi buang sial saat Hari Raya Imlek. Anies memaknai lain tradisi itu.

Lewat akun Instagram-nya @aniesbaswedan, Anies cerita soal kunjungannya ke Wihara Dharma Bhakti di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Di wihara yang sudah berusia lebih dari 460 tahun itu, Anies menyapa warga yang melaksanakan ibadah sembahyang menyambut awal tahun baru.


"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami juga mengajak anak-anak untuk turut merayakan Imlek di wihara ini. Kami rutin datang ke sini setiap tahun. Ini sudah tahun kelima berturut-turut datang ke wihara ini⁣⁣," tulis Anies seperti dilihat detikcom, Selasa (5/2/2019).

Anies kemudian cerita soal momen dirinya yang berkesempatan ikut tradisi melepas burung pipit. Anies mengatakan, tradisi itu baginya adalah simbol kebebasan.

Tradisi melepas burung pipitTradisi melepas burung pipit Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

"Berkesempatan ikut melepas puluhan burung pipit. Tradisi pelepasan burung ini sebagai simbol kebebasan dan harapan yang tinggi atas peningkatan kesejahteraan di wilayah Jakarta. Kami ingin memaknai peristiwa tersebut sebagai keterbebasan dari kungkungan permasalahan menuju kepada kesuksesan," ujarnya.


Selain itu, Anies juga cerita dirinya mampir ke toko baju langganan di dekat wihara. Anies belanja baju changshan khas Imlek untuk anak-anaknya dan dirinya.

Ditambahkan Anies, dirinya berharap Imlek sekaligus menjadi momen bagi warga Jakarta menguatkan persatuan. Anies menegaskan, persatuan adalah modal kebersamaan di Jakarta dan Indonesia. Semangat persatuan harus dijaga terus menerus.
⁣⁣
"Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta ingin menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2570. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan dan kesuksesan kepada semuanya," jelasnya. (hri/idn)