Mahasiswa UMP Meninggal Dunia Saat Diksar Mapala

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 05 Feb 2019 15:15 WIB
Foto: Ari Saputra/detikcom
Palembang - Mahasiswa pencinta alam di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Sumatera Selatan bernama Firdaus (19) meninggal dunia. Firdaus meninggal saat mengikuti pendidikan dasar (diksar) sebagai salah satu mahasiswa pencinta alam.

"Benar. Ada mahasiswa UMP meninggal dunia. Korban meninggal pas lagi diksar mahasiswa pencinta alam," terang Kepala Pos Pantau Gunung Dempo Pagar Alam, Megian, saat dimintai konfirmasi, Selasa (5/2/2019).


Belum diketahui secara pasti penyebab korban meninggal dunia. Namun dapat diduga korban meninggal karena mengalami hipotermia saat mengikuti serangkaian agenda pada Senin (4/2) malam.

"Penyebab pasti saya kurang tahu. Bisa coba tanyakan sama pihak kapolresnya atau tim SAR langsung. Biasanya sih itu hipotermia karena yang ikut juga ramai," katanya.

"Mereka ini anak-anak mapala, kabarnya mereka memang ikut diksar mahasiswa pencinta alam dari UMP. Mereka itu kalau nggak salah naik tanggal 3 (Februari) dan kemarin meninggal," imbuhnya.


Megian menyebut korban telah dievakuasi dari puncak Gunung Dempo di Pagar Alam oleh tim gabungan. Bahkan aktivitas diksar disebut telah dihentikan.

Korban diketahui mahasiswa semester I Fakultas Hukum UMP. Firdaus mengikuti Diksar Brigade Mahasiswa Pencinta Alam Semesta (Brimpals) di Fakultas Hukum dan berasal dari Mesuji, Ogan Komering Ilir. (ras/idn)