DetikNews
Selasa 05 Februari 2019, 14:50 WIB

Banjir Lumpur, Akses Jalan ke Tulamben Bali Macet

Aditya Mardiastuti - detikNews
Banjir Lumpur, Akses Jalan ke Tulamben Bali Macet Akses jalan menuju objek wisata diving Tulamben, Karangasem, Bali, dilanda banjir lumpur. (Dok. BPBD)
Karangasem - Akses jalan menuju objek wisata diving Tulamben, Karangasem, Bali, banjir lumpur. Akibatnya, Jl Singaraja menuju Amplapura ataupun sebaliknya macet.

Perbekel atau pemimpin Desa Tulamben, Nyoman Swastika, mengatakan banjir lumpur terjadi sekitar pukul 13.00 Wita. Banjir lumpur terjadi karena daerah tersebut diguyur hujan deras sedari pagi tadi.

"Banjir lumpur itu kan hujan lebat dari pagi. Itu jalur sungai dari gunung, aliran air karena hujan bercampur dengan tanah. Macetnya di area Tulamben," kata Nyoman saat dihubungi, Selasa (5/2/2019).

Dihubungi terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Arimbawa mengatakan pihaknya sudah mengirimkan tim ke lapangan. Kendaraan hanya bisa melintas perlahan.

"Macet dari arah Singaraja ke Amplapura maupun sebaliknya hampir 2 jam-an, mengingat ini juga hari libur. Kendaraan perlahan sudah mulai bisa lewat," terangnya.

Arimbawa belum bisa memastikan apakah ada rumah warga maupun penginapan yang terkena dampak. Pihaknya masih mendata di lapangan.

"Untuk rumah dan hotel atau penginapan masih diasesmen petugas TRC BPBD di lapangan," tuturnya.

Sekitar pukul 15.00 Wita, banjir dilaporkan sudah surut. Kemacetan lalu lintas juga mulai terurai.

"Saat ini banjir kiriman sudah surut, dan lalu lintas sudah lancar. Namun, petugas TRC BPBD masih asesmen di lapangan," ujar Arimbawa.
(ams/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed