detikNews
Selasa 05 Februari 2019, 14:24 WIB

Anies: Gong Xi Fa Cai, Semoga Tahun Ini Bawa Keberkahan dan Kesuksesan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Anies: Gong Xi Fa Cai, Semoga Tahun Ini Bawa Keberkahan dan Kesuksesan Gubernur DKI Anies Baswedan di Vihara Dharma Bakti Jakarta Barat (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat tahun baru Imlek bagi warga yang merayakan. Ia berdoa agar tahun baru ini membawa keberkahan dan kesuksesan.

"Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta mengucapkan selamat tahun baru dan Gong Xi Fa Cai. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan, kesuksesan kepada semuanya," kata Anies usai berkunjung ke Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2/2019).


Tahun baru Imlek kali ini merupakan tahun Babi Tanah. Menurut Anies, tahun Babi Tanah memiliki makna keberkahan dan kemudahan rejeki.

"Tadi disampaikan ini adalah tahun baru yang disebut sebagai babi tanah yang katanya memiliki makna keberkahan, kemudahan rejeki, terbukanya peluang begitu banyak berbagai bidang," ucap dia.

Dalam kunjungannya ke Vihara Dharma Bakti, Anies sempat melakukan tradisi melepaskan burung pipit. Ia menyebut peristiwa itu sebagai simbol menuju kesuksesan dan merekatkan rasa persatuan di kehidupan warga DKI Jakarta.


"Tadi peristiwa simbolik yang semoga ini juga yang akan dirasakan oleh berbagai kelompok masyarakat di Jakarta khususnya. Ini menjadi kesempatan bagi kita sebagai warga Jakarta untuk menguatkan persatuan karena itulah yang menjadi modal kebersamaan kita di Ibu Kota dan di Indonesia semangat persatuan inilah yang harus kita jaga terus menerus," papar Anies.

Ia menambahkan dengan memupuk rasa persatuan, warga DKI bisa saling menjaga dan menguatkan untuk hadirnya kedamaian.

"Kita bisa saling menguatkan, bisa saling mengisi dan akan menghadirkan kedamaian," tutup Anies.


Vihara Dharma Bakti Jadi Tujuan Wisata

Anies menyebut perayaan Imlek di Vihara Dharma Bakti jadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Jakarta. Dia meminta ada penataan agar wihara makin rapi dan tertib.

"Tadi di dalam kita temukan banyak turis-turis yang dari penampilannya terlihat dia dari dunia luar Jakarta, jadi dari luar Indonesia. Jadi kita berharap di tempat ini lebih rapi, tertib," ujar Anies.

Dia juga meminta agar proses renovasi di Vihara Dharma Bakti segera dituntaskan. Pemprov DKI, kata Anies, akan mendukung penuh proses renovasi agar kebakaran tidak terjadi lagi.


"Kita dari Pemprov DKI akan mendukung karena kebakaran yang terjadi merupakan peristiwa yang bisa dibilang musibah besar bagi perjalanan kebudayaan. Mudah-mudahan bisa tuntas segera," sebut Anies.

Menurutnya, kawasan Vihara Dharma Bakti merupakan daerah budaya tertua di Jakarta sehingga harus dijaga. "Ini merupakan kawasan paling tua di Jakarta. Kita harus rawat sama-sama dan saya berharap tempat ini dapat maju dan berkembang," pungkasnya.
(ibh/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com